Kategori

Gambar 3 Dimensi : Gambar Kubistis

Diposkan oleh On 12:48 AM

Menggambar bentuk Benda Kubistis adalah menuangkan ide atau gagasan pada media gambar yang berfokus pada gambar berupa perpaduan bidang-bidang datar sehingga membentuk seperti kubus (Kotak). Jika ada Pertanyaan apakah yang dinamakan benda kubistis? maka Jaewabanya adalah sebagai berikut. Benda kubistis adalah Benda yang bentuknya menyerupai bangun kubus (balok). Misalnya benda yang tergolong benda kubistis adalah Meja, kursi, lemari, bak sampah, kotak pensil, kulkas, Lap Top, dan lain-lain. Benda kubistis ini memiliki karakter bersudut dan kotak. Terkesan kaku dan penuh dengan bidang-bidang datar. Jarang sekali ditemukan lengkungan yang terdapat dalam benda ini. Sekalipun ada, itu hanya untuk memberikan kesan lentur saja. Misalnya bentuk kulkas dan televisi, pada dasarnya bentuknya seperti kotak saja, namun kalau diperhatikan secara detail maka sudutnya juga tidak 90 derajat lancip tapi sudah divariasi agar jika dipegang tidak terkesan tajam.

Gambar 3 Dimensi : Gambar Kubistis
Gambar kubistis termasuk kategori gambar 3 dimensi karena ada kesan ruang dan sudut pandang yang berbeda. Layaknya benda tiga dimensi, ada semacam volume yang terdapat dalam gambar tersebut seperti benda 3 dimensi secara nyata. Namun karena ini gambar, maka hanya kesan saja yang ditimbulkan bukan asli.

Untuk membuat gambar 3 dimensi berbentuk kubistis bisa menggunakan alat bantu berupa penggaris. Penggaris ini akan banyak difungsikan untuk membuat sketsa gambar. Berbeda dengan menggambar benda berbentuk silindris. Penggaris akan menjadi alat pembantu utama dalam membuat gambar kubistis. Tanpa penggaris maka alat pendukungnya kurang lengkap. Seberapa penting fungsi penggaris dalam hal ini. Penggaris disini hanya menjadi pembantu membuat garis lurus, halus dan lebih mudah. Sebenarnya tanpa penggaris kita juga akan mampu membuat garis lurus dengan halus namun butuh keterbiasaan, butuh latihan berulang-ulang untuk menghasilkan garis lurus yang sempurna. Namun dengan penggaris maka kita tinggal menggoreskan pena maupun pensil tanpa harus konsentrasi dan berfikir fokus. Artinya penting atau tidak, penggaris adalah satu-satunya alat bantu dalam menggambar benda kubistis. Apalagi sudah sampai pada materi membuat gambar dengan perspektif. Maka akan sangat wajib membutuhkan alat bantu berupa penggaris. Selamat berkarya. Semoga dengan ulasan gambar kubistis ini mampu memberikan sedikit ilmu yang bermanfaat bagi anda.

Berikut ini Contoh benda dalam kategori gambar kubistis

Almari Piala Yang Simpel ini termasuk Gambar Kubistis

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.