Kategori

Akor (Susunan 3 Nada)

Diposkan oleh On 11:07 PM

Dalam sebuah unsur Musik Melodi, tanpa adanya akor maka terasa tidak lengkap. Unsur Harmonisasinya juga tidak tercapai. Oleh karena itu pentingnya akor untuk mengiringi melodi yang ada. Perpaduan yang benar dan tepat antara akor dengan melodi ini yang kita sebut harmonis. Akor secara garis besar adalah gabungan 3 nada yang dibunyikan secara bersamaan. Tidak sembarang nada yang dibunyikan, namun ada aturan yang harus diperhatikan tidak asal 3 nada.

Pengertian Akor

Akor adalah susunan tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara serentak akan menghasilkan nada yang harmonis. Akor bisa juga disebut dengan Trinada. Trinada adalah tiga nada yang dibunyikan serentak. Tiga nada yang dimaksudkan adalah pertama adalah nada Utama sebagai dasar akor. Kemudian Nada kedua adalah Nada Tert. Nada Tert itu adalah Nada yang ketiga dari Nada Utama atau nada dasarnya. Dan nada yang ketiga adalah nada kuint adalah Nada kelima dari Nada Dasarnya. Dari dasar itulah maka akan tersusun beberapa akor dengan nada dasar Natural sebagai berikut :
  • Tingkat 1 : C - E - G   = disebut TONIKA diberi nama C Mayor
  • Tingkat 2 : D - F - A   = disebut SUPER TONIKA diberi nama D Minor
  • Tingkat 3 : E - G - B   = disebut MEDIAN diberi nama E Minor
  • Tingkat 4 : F - A - C1 = disebut SUB DOMINAN diberi nama F Mayor
  • Tingkat 5 : G - B - D1 = disebut DOMINAN diberi nama G Mayor
  • Tingkat 6 : A - C1 - E1 = disebut SUB MEDIAN diberi nama A Minor
  • Tingkat 7 : B - D1 - F1 = disebut INTRODUKTOR diberi nama B Dim

Keterangan

  • Akor tingkat 1, 4, 5 memiliki interval antara nada dasar dengan nada tert-nya adalah 2. Oleh karena itu disebut tert besar atau AKOR MAYOR. (Pelajari INTERVAL NADA)
  • Akor tingkat 2, 3, 6 memiliki interval kecil terhadap kedua nada. Misalnya Nada D ke F berjarak 1 setengah. Maka Akor tersebut dinamakan akor Minor. (Pelajari INTERVAL NADA)
  • Akor Tingkat 7 disebut dengan Akor DIMINISHED artinya jarak antara nada dasar dengan nada ketiganya hanya 3 atau interval kuint kurang (Diminished)

Kunci atau Akor ?

Seseorang terkadang menyamakan kunci dengan akor. Orang berpendapat kunci maka yang jelas seseorang akan menekan 3 nada sekaligus untuk mengunci nada yang dinyanyikan. Misalnya Nada seorang penyanyi di C=do maka Kuncinya adalah C - E - G. Jadi menurut saya, Kunci adalah Jelmaan Akor yang sudah tersusun. Istilah Kunci adalah bagaimana Nada yang dinyanyikan adalah Nada C = do, disamakan atau dikunci dengan Akor C.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

Maaf pak, kalau yang dimaksud dengan
1. Trinada panjang
2. Trinada pendek
3. Trinada pendek patah
4. Tangga nada posisi 8
Itu bagaimana? Terima kasih

Bagaimana mencari kunci sebuah lagu mohon penjelasannya

kalau nadanya do maka secara otomatis kuncinya do mi dan sol. kalau nadanya re maka kuncinya re fa la. Kapan menentukan kunci biasanya ditentukan dari jatuhnya nada dalam satu ketukan.

trinada panjang, masih dalam 3 nada tersebut tapi nada dasarnya atau kuncinya ditengah dan sampai 2 oktaf. Trinada pendek kuncinya ujung paling kanan, dalam satu oktaf.
Tangga nada Posisi 8 = Chord IV terdiri dari nada ke-4, ke-6, dan ke-1 (mestinya sih nada ke-8, tapi karena setelah nada ke-7 balik lagi ke-1 jadi kita sebut aja nada ke-1)

Apakah susunan akor tersebut bisa disusun secara sembarangan?? Tolong jelaskan ya..

tidak bisa, harus sesuai nada. Kunci C akor nya C-E-G, kunci d akornya D-F-A. Kunci F akornya F-A-C. Jadi loncat satu nada C-D-E-F-G-A-B-C1

Pak, numpang tanya, pada susunan tangga G mayor, accord trinada tingkat III terdiri atas nada...

Akor tingkat III: e'-g'-b'(Em)median

Aku mau nnya trinada tingkat pertama dalam not angka berbunyi...

Mau tanya pak,
1. Bagaimana pola interval Trinanda skor mayor dan minor terbentuk?

Apakah penyusunan nada dalam akord dapat disusun secara sembarangan?

Berbunyi: c-E-G
Ket:c=do
E=mi
G=sol

Kalo akord trinada sendiri apa pak

Syarat syarat dalam menyusun akor trinada itu apa aja ya

Musik di bagi atas 3 bagian apa saja pak

urutan nada pada akot trinada๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

Pa mau tanya median dari a mayor itu apa?

Lengkapi akord trinada
1.C#m
2.B°dim
3.B+(aug)
4.FM
Cara ngerjain nya gimana y kak tolong dong?

Susunan tangga nada akor E mayor itu apa saja

E minor, Maaf kalau benar

Akord Tri Nada Akord trinada adalah akord yang terdiri dari tiga nada atau nada simultan yang dimainkan bersama. Tiga nada yang membentuk akord trinada adalah nada pertama (atau root note), nada ketiga, dan nada kelima dalam skala nada tertentu.

Dalam sebuah akord trinada mayor, nada ketiga diambil dari skala mayor, sedangkan dalam sebuah akord trinada minor, nada ketiga diambil dari skala minor. Akord trinada mayor terdiri dari nada pertama, ketiga mayor, dan kelima. Sedangkan akord trinada minor terdiri dari nada pertama, ketiga minor, dan kelima.

Contoh akord trinada mayor adalah C (do mayor) yang terdiri dari nada C (do), E (mi), dan G (sol). Sedangkan contoh akord trinada minor adalah A (la minor) yang terdiri dari nada A (la), C (do), dan E (mi bemol).

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.