Kategori

Cara Membuat Bunga Palsu Untuk Interior

Diposkan oleh On 9:19 PM

Bunga palsu untuk hiasan interior kali ini dibuat oleh siswa kelas XI-IPS MA Roudlotusysyubban Tawangrejo dalam rangka untuk memenuhi tugas Seni Budaya Semester Gasal 2015-2016. Harapannya adalah karya ini memberikan inspirasi kepada siapapun untuk membuat hiasan sendiri dengan biaya yang bisa disesuaikan dengan kantong kita masing-masing. Ini juga bisa memberikan inspirasi bisnis. Karya ini merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa dikembangkan pada lingkup yang lebih luas. Dimodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jangan sampai salah target untuk memulai bisnis. Mungkin saran saya, jangan terlalu mengejar target yang muluk-muluk, alias mencari keuntungan yang besar dulu, namun lebih baik fokus pada kualitas produk dulu. Kedepan tentunya memiliki harapan lebih baik melalui evaluasi produk sehingga menghasilkan kesimpulan yang membawa manfaat.

Bahan Yang dipersiapkan :

Pot                                                      
Pohon Waru
Daun waru plastic
Bunga Plastik
Batu Hias
Semen
Pasir
Plitur
Lem G
Kricak
Air
Wadah 

Alat Yang digunakan :

Gergaji
Cutter
Pisau
Amplas
Kuas
Bor
Moto Bor
Cangkul
Parang (Golok)

Proses Pembuatan :

Tahap Pertama adalah Pilihlah pohon waru yang akan digunakan sesuai dengan keinginan & ukuran pohon,kira-kira tingginya kurang lebih 160 cm.Kemudian tebang pohon dengan menggunakan parang (golok).Buanglah ranting &daun yang tidak digunakan.

Tahap Pengupasan :

Setelah pohon ditebang. Rapikan! pohon dengan memotong bagian yang tidak terpakai dengan menggunakan gergaji.Selanjutnya kupas kulit waru dengan menggunakan pisau ataupun catter hingga bersih kulit arinya.

Pengamplasan :

Gunakanlah amplas yang gulungan karena permukaan amplas ini lebih kasar daripada yang lembaran.Gosokkan amplas pada batang tersebut dengan menekan amplas searah serat pohon hingga halus.

Tahap Pemelituran :

Pakailah plitur cap  Boyo,pilihlah warna sesuai dengan keinginan anda.Tuangkan plitur ke dalam wadah.Caranya celupkan kuas ke dalam wadah tersebut,usapkan pada pohon waru hingga merata & biarkan hingga kering.

Tahap Pengecoran :

Campurlah bahan-bahan ,seperti ; pasir, kricak, semen, air. Aduk rata  dengan menggunakan cangkul.Setelah rata, siapkan pot.Selanjutnya kita tuangkan adukan tadi kedalam pot. Usahakan kondisi batang tetap tegak, dan tidak roboh (jw.ndoyong). Biarkan hingga mengeras dan kering. Pada tahap ini untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan sebelum dicor, jangan lupa berilah paku secara acak agar setelah kering tidak mudah lepas. Ini berfungsi untuk cakar ayamnya.

Pengeboran :

Pasang mata bornya dengan seukuran gagang daun tersebut. Pegang dengan hati-hati untuk membuat lubang tersebut. Usahakan pada pengeboran jangan asal acak begitu saja. Usahakan daun akan menghadap keatas. Maka pada posisi batang miring, pengeboran juga harus miring. Ini memungkinkan daun akan menghadap keatas. Kemudian masalah kekerapannya sebenarnya tergantung daun palsu. Saya kira lebih banyak daun palsu yang terpasang, maka akan semakin rindang dan lebih lebat. Sehingga tanaman buatan terkesan lebih subur.

Tahap Akhir :

Pasang daun dan bunganya satu persatu ke dalam lubang tersebut.Jangan lupa pasang daun dan bunga dengan menggunakan lem G,agar melekat kuat pada pohon. Dalam pot tersebut bisa dihiasi atasnya dengan batu hias yang sebelumnya sudah dilapisi adukan semen yang masih basah,baru taburkan batu hias tersebut.

Nama Bahan

         Harga
POT
:
Rp.     15.000
BUNGA DAUN
:
RP.   110.000
BATU HIAS
:
RP.      7.500
SEMEN
:
RP.      8.000
LEM ALTECO G
:
RP.      5.000
PLITUR DAN KUAS                        
:
RP.    16.000


Total Biaya Yang dikeluarkan
RP.  161.500

Bunga ini oleh Siswa ditawarkan seharga Rp. 300.000,-


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »