Kategori

Jenis dan Bahan Anyaman

Diposkan oleh On 10:02 PM

Anyaman adalah hasta karya yang berarti pekerjaan keterampilan tangan untuk mewujudkannya, Biasanya barang yang bakal dibuat dengan sistem anyaman ini memiliki fungsi Terapan. Artinya selain indah dan menawan dipandang mata namun karya ini harus juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari, misalnya caping, Dunak dan Kalo. Kegiatan menganyam di daerah saya sudah sangat banyak sekali khususnya di desa-desa. Ini menandakan bahwa kelestarian anyaman masih tetap terjaga dengan keterampilan yang didapat secara turun menurun.

Berikut anyaman-anyaman dan Bahan dasar yang digunakan untuk membuat karya dengan mengayam.

  • Anyaman bisa terbuat dari bambu Apus maupun bambu Ori. itulah orang jawa menyebutnya. Dengan berbekal ganden atau arit panjang maka bisa menebang puluhan bambu dalam satu hari. Kemudian diirat atau dibelah tipis-tipis untuk mendapat bahan yang akan dipakai untuk menganyam. Biasanya untuk membuat karya untuk kebutuhan sehari-hari itu bambu yang digunakan adalah bambu apus.


  • Anyaman dari Plastik. Anyaman ini berbahan limbah yang kemudian dengan tangan terampil maka menjadi hasta karya yang luar biasa. BIasanya untuk membuat kelengkapan ruangan berupa tempat sampah. Dengan bahan ini maka sudah bisa dipastikan bahwa hasil karya tersebut awet dan tidak mudah rusak. Anyaman dari plastik ini juga sudah tersedia berbentuk memanjang sehingga siap untuk diaplikasikan sehingga menjadi karya yang luar biasa.



  • Anyaman dari Kertas, Anyaman dengan bahan yang sangat murah tentunya penggunaannya hanya sekedar untuk hiasan saja. Tentunya bukan untuk tujuan seni Terapan. Namun Hanya berfungsi sebagai seni murni. 

  • Anyaman dari rotan, Anyaman ini tergolong mahal dengan bahan yang juga berkualitas. ANyaman ini biasanya berbuah seni terapan berupa kursi, sketsel dan lain sebagainnya.

  • Anyaman dari Daun Pandan. Anyaman ini sekarang sudah jarang sekali dipakai untuk tikar namun sekarang dipakai untuk membungkus jenazah yang bakal dikubur. Sehingga sudah sangat jarang sekali memakainya untuk kehidupan sehari-hari dikarenakan ada unsur menyamai dengan kebutuhan orang yang sudah meninggal.
  • Anyaman dari eceng gondok. Anyaman ini biasa digunakan untuk membuat karya seni yang indah berkualitas namun dengan biaya produksi yang relatif lebih rendah dibanding dengan bahan lain. Dengan harapan daya beli masyarakat menengah kebawah bisa tercapai. Untuk mengolahnya tentunya diperlukan pengalaman dibidangnya sehingga tercipta karya yang sangat bagus.


Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

apaan bahan bahan nya coeg
<3 please komn balik <33333

kayu, plastik, kertas, rotan dan lain-lain

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.