Kategori

Gambar 3 Dimensi : Menggambar Bentuk Benda Bebas

Diposkan oleh On 1:16 AM

Menggambar benda dengan bentuk bebas akan memberikan keleluasaan berkreasi. Mengapa demikian? sebab seseorang tidak terpancang pada penggaris, tidak terpancang pada sudut-sudut tertentu, seseorang tidak harus membuat silinder dengan teknik oval dan garis, namun setiap orang diberikan kreatifitas untuk menggoreskan alat menggambar pada media gambar secara bebas dan tidak terikat. Gambar bebas akan menjadikan seseorang berkreasi seluas-luasnya. Maka hasil yang akan tercipta dari kreasi ini adalah gambar yang sangat berfariasi dan tidak membosankan. Terlepas bosan atau tidak, gambar ini akan banyak digemari oleh orang banyak. Bukan berarti gambar silindris dan gambar kubistis tidak penting, Justru dasar dari menggambar bebas memang berawal dari kubistis dan silindris, sehingga membentuk bentuk yang bebas dan berfariasi.

Gambar dengan bentuk bebas seperti gambar buah-buahan, gambar Tumbuh-tumbuhan, gambar manusia, gambar sepeda motor vespa dan lain-lain. Maka untuk menggambar bebas ini adanya sket-sket awal dalam menggambar. Dalam hal ini seseorang yang akan menggambar bentuk bebas, maka bisa menggunakan sket-sket berupa lingkaran oval atau lingkaran, garis untuk membantu menghasilkan gambar dengan kemiripan 80 persen. Bagaimana bisa dengan mudah menciptakan gambar yang diinginkan tanpa harus berlama-lama duduk. Sketsa ini akan membatu seseorang menentukan kompposisi yang tepat dengan proporsi yang pas tanpa ada gambar yang terasa mengganjal dalam pandangan.

Menggambar bebas harus didukung dengan daya imajinasi yang kuat. Cara membangkitkan imajinasi adalah dengan melatih setiap hari berpuisi, menggambar, banyak baca buku, maka otak akan terangsang untuk berfikir secara aktif sehingga terasah dengan tajam. Maka akan menjadi kebiasaan untuk selalu mampu berkarya yang indah dan bagus dengan sedikit kecacatan dan kekeliruan, sehingga akan mampu menciptakan semua mendekati sempurna.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.