Kategori

Metode Penelitian Saat Mengumpulkan Data Untuk Metode Qowaid Al-Lughoh

Diposkan oleh On 8:58 AM

Metode Penelitian
Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan data Field research (penelitian lapangan). Jenis penelitian yang dimaksud di sini adalah jenis pengumpulan data yang dimana penulis langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian data. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif yaitu menekankan analisisnya pada data numeral (angka) yang diolah dengan metode statistik.[1]
Dalam hal ini penulis berusaha untuk mempublikasikan metode pengajaran bahasa Arab dari hasil penelitian langsung yang juga berusaha untuk menemukan dan memberikan solusi alternatif dari metode yang dianggap praktis, efektif dan efisien sebagai rujukan pengajaran bahasa Arab.

1.         Populasi dan Sampel
  1. Populasi
    Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian.[2] Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006. Jumlah populasi penelitian ini ada 64 siswa kelas III semester I MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo. Pembagiannya menjadi dua kelas.
    1. Sampel
    Sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti.[3] Berdasarkan pendapat tersebut diharapkan sampel dapat mewakili keseluruhan populasi yang ada dan mampu dijadikan cerminan yang representatif atau sesuatu yang dapat menggambarkan secara makro keadaan populasi.
    Untuk teknik sampling penulis menggunakan teknik pengambilan sampel tanpa didasari rekaan semata-mata akan tetapi memilih sampel yang dianggap mampu mewakili dari populasi yang diharapkan yaitu sebanyak 60 siswa.
    2.     Variabel
      Variabel adalah segala sesuatu yang menjadi obyek pengamatan penelitian atau sebagian faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang akan diteliti.[4]
      Adapun variabel dalam penelitian terdiri dari:
      1. Variabel X, yaitu efektifitas penggunaan metode Qowaid Al-Lughoh yang meliputi:
      1)      Penguasaan materi ajar oleh guru.
      2)      Penggunaan metode oleh guru.
      3)      Proses pembelajaran oleh guru.
      4)      Penggunaan media pengajaran oleh guru.
      5)      Kemampuan menilai prestasi belajar siswa oleh guru.
      1. Variabel Y, yaitu prestasi belajar bidang studi bahasa Arab.
      1)      Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan.
      2)      Melakukan tanya jawab dengan mufrodat dan struktur kalimat yang diajarkan.
      3)      Menggunakan mufrodat dengan tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan.
      4)      Menggunakan pola-pola kalimat maupun ungkapan-ungkapan yang telah mereka pelajari
      Pengukuran efektivitas penggunaan metode Qowaid Al-Lughoh dan prestasi belajar.
      1. Efektifitas penggunaan metode Qowaid Al-Lughoh akan diukur pada prestasi hasil belajar bidang studi bahasa Arab.
      2. Prestasi belajar bidang studi bahasa Arab siswa dalam hal ini ditunjukkan oleh nilai raport.
      Teknik Pengumpulan Data
        Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan:
        1.  Data Kepustakaan
          Data kepustakaan ini penulis gunakan untuk memperoleh landasan teori yang berkenaan dengan tema penelitian. Landasan teori ini penulis gunakan sebagai landasan dasar bagi praktek penelitian di lapangan.
          2. Data Lapangan
            Untuk mengumpulkan data-data yang sesuai dan dibutuhkan, penyusun menggunakan pendekatan yakni Field Research atau penelitian lapangan yakni penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya.[5]
            Adapun metode-metode yang digunakan  dalam  Field Research  adalah :
            1. Metode Angket
            Angket disebut juga kuensioner yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam artian laporan tentang pribadinya atau hal yang ia ketahui.[6]
            Adapun angket yang digunakan adalah angket tertutup dalam hal ini jawaban telah tersedia dan responden tinggal memilih jawabannya.
            1. Metode Interview
            Interview atau biasa disebut wawancara kuesioner lisan adalah pengumpulan data dengan cara sistematis dan berlandaskan pada tujuan penelitian.[7] Ini dilakukan pewawancara untuk memperoleh data yang diharapkan mampu memberikan informasi dari yang diwawancarai (nara sumber). Dalam penelitian ini interview yang digunakan adalah interview bebas. Hal ini penulis lakukan untuk memperoleh data yang sedalam-dalamnya, melalui wawancara dengan guru bahasa Arab kelas III, siswa kelas III serta staf tata usaha madrasah Tsanawiyah Roudlotusysyubban Tawangrejo, sehingga diperlukan suasana dialogis, kekeluargaan dan komunikatif.
            1. Metode Observasi
            Metode observasi adalah suatu metode ilmiah dengan cara pengamatan dan pencatatan secara sistematik atas fenomena yang diselidiki.[8] Observasi ini penulis lakukan dengan mengamati langsung dan terjun langsung kedalam proses belajar mengajar (Basic Training) sebagai reaksi dari wawancara yang telah dilakukan sebelumnya.
            Observasi ini akan penulis gunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dalam mewujudkan efektifitas penggunaan metode qowaid al-lughoh, dan untuk memperoleh validitas data, serta segala sesuatu yang diperlukan untuk mendukung data lebih lanjut.
            1. Metode Dokumenter
            Dokumenter adalah sekumpulan data verbal  yang berbentuk tulisan, artifact, foto, dan sebagainya.[9] Dengan metode ini, maka peneliti mengambil dan menyelidiki data-data tertulis. Penggunaan ini mengandung maksud untuk mendapatkan data yang berupa keadaan siswa / santri, ustadz-ustadzah dan masyarakat sebagai wali santri.

            Refferensi

            [1]Syaifudin Anwas, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997, hal. 7.
            [2] Suharsimi Arikunto, Dasar-dasa Evaluasi Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 1992, Hal: 102
            [3] Saefuddin Azwar, Op. Cit, Hal: 49
            [4] Sumadi Surya Brata, Metodologi Penelitian, Rajawali, Jakarta, 1989, hal. 79
            [5]Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riserch Sosial, Penerbit Alumni, Bandung, 1980, hal. 78
            [6]Ibid., hal. 124
            [7] Suharsimi Arikunto, Op. Cit., hal. 46
            [8] Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta, 1994, hal. 136
            [9] Lexy J. Maleong, Op. Cit., hal. 190


            Next
            « Prev Post
            Previous
            Next Post »