Kategori

SENI TARI - Pengertian Seni Tari, Pembagian Gerak tari, dan Unsur Seni Tari

Diposkan oleh On 1:55 AM

Tari adalah gerak yang bermakna, seni tari adalah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang berkaitan dengan gerakan yang digayakan dengan harmonisasi yang baik.

Seni Tari berkaitan dengan gerakan seseorang, berupa gerakan tangan, gerakan kepala, gerakan kaki dan lain sebagainya. Jika gerakannya tidak meniru kegiatan seseorang seshari-hari, atau gerakannya tidak meniru profesi tertentu dinamakan gerak murni. Gerak murni ini tanpa adanya peniruan gerakan seseorang seperti mencangkul, mencuci, gerakan menjemur baju dan lain sebagainya, itu dinamakan gerak murni. Lalu untuk gerakan yang meniru gerakan seseoarng maka dinamakan gerak maknawi.

Jadi menurut pengertian diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa pembagian tari berdasarkan geraknya dibagi menjadi 2 yaitu gerak murni dan gerak maknawi.\

Unsur seni tari terbagi menjadi 4, bahwa menari itu harus meliputi 4 unsur ini, maka jika ke-empatnya tidak ada maka bukan dinamakan seni tari.
  1. Unsur pertama adalah wiraga, nama tari pastiu ada gerakannya yang indah, yang digayakan, misalnya menirukan gerak orang mencuci maka lebih digayakan, diperlembut gerakannya dan nantinya disesuaikan dengan irama.
  2. Unsur kedua adalah wirama, yang namanya tari itu ada irama yang harus dilakukan, misalnya jeda gerakan, tempo gerakan dan harmonisasi yang merupakan sesuatu hal yang harus diperhatikan. Agar tempo tempo gerakan ini bisa terkendali maka dibutuhkan musik pengiring dalam tari, ini yang akan mengontrol gerak tari.
  3. Unsur wirasa, yaitu unsur yang berkaitan tentang penjiwaan, ekspresi dan mimik wajah serta gerakan yang disesuaikan dengan suasana isi cerita dalam tari.
  4. Unsur Wirupa, unsur ini juga dianggap sangat penting, karena kaitannya terhadap kostum dan makeup, apakah kostum dan make up ini berguna, karena untuk mendukung ekspresi dan penjiwaan dalam lingkup wirasa maka keduanya menjadi sangat penting.
Demikianlah mengenai pengertian seni tari, gerakan pembagian gerak, dan unsur tari semoga ini bisa bermanfaat dan bisa menjadikan referensi yang baik untuk siapa saja, demi mengembangkan pengetahuan dan keilmuang mengenai seni budaya.





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.