Kategori

Gaya Hidup Sehat

Diposkan oleh On 12:02 AM

Hasil Seminar Sehari yang diselenggarakan pemerintah desa Tawangrejo membuahkan hasil, paling tidak kita mencoba untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mengenai gaya hidup Sehat. Terkadang seseorang tidak memperhatikan pola hidup mereka. mereka cenderung acuh tak acuh atas apa yang dilakukannya. Malah cenderung tidak perduli atas akibat yang ditimbulkan dari kelakuannya. Bagaimana membangkitkan kesadaran kepada mereka, beberapa upaya telah dilakukan salah satunya diadakannya seminar-seminar yang temanya berhubungan dengan kesehatan. 
Misalnya saja Pola Hidup Sehat, Diet Alami secara Efektif, Pengelolaan sampah, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Lingkungan yang bersih dan sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Adanya kegiatan seperti ini tentunya tidak hanya untuk menghabiskan dana saja tetapi harapannya setelah mengetahui dan faham akan arti penting materi yang telah disajikan maka peserta diharapkan mampu secara aktif dan proaktif untuk membudayakan polahidup sehat. Oleh karena itu sudi kiranya materi dari pemerhati Kesehatan ini patut kita baca dan fahami secara seksama. Semoga bermanfaat. Amin.

Apa itu gaya hidup sehat ? 

Adalah kebiasaan seseorang untuk menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari dan menghindari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan.

Akibat jika tidak melakukan Gaya Hidup Sehat ?

Akan menggakibatkan berbagai macam penyakit, seperti : jantung, tekanan darah tinggi, Stroke, Kanker, Kencing manis, sumbatan paru kronis, kegemukan, radang sendi dan keropos tulang.
Semua ini disebabkan oleh tiga faktor risiko     merokok,kurang aktivitas fisik dan kurang makan makanan yang berserat.

Apa manfaat Gaya Hidup Sehat ?
  1. Tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit
  2. Aktifitas sehari-hari jadi lebih lancar dan tampil lebih menarik
  3. Lebih produktif
  4. Terhindar dari berbagai penyakit tidak menular, seperti jantung, tekanan darah tinggi, Stroke, Diabetes, Paru kronis dan keropos tulang.
Gaya Hidup Sehat itu seperti apa ?
  • Makan makanan bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak
  • Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit
  • Tidak merokok
  • Makan makanan yg bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak
Makanan bergizi seimbang artinya makanan beranekaragam yang dikonsumsi dalam satu hari mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur sesuai kebutuhan tubuh.
  • Zat Tenaga  berasal dari karbohidrat dan lemak, Seperti: beras, sagu, jagung,ubi, singkong, roti.
  • Zat Pembangun dari protein.Sumber protein hewani : daging, ikan, ayam, hati, telur, susu.Sumber protein nabati : tempe, tahu dan kacang-kacangan.
  • Zat Pengatur dari vitamin dan mineral, yang sumbernya banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.
Apa makanan tinggi serat ?

Yaitu makanan yang mengandung serat dan berasal dari tumbuh-tumbuhan,spt sayuran,buah-buahan,padi-padian,kacang-kacangan, dll.

Kenapa butuh serat ? atau Manfaat Serat
  1. Manfaat pertama Serat membuat tubuh teratur BAB dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karen a memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol dari makanan lain. 
  2. Manfaat serat lainnya adalah : membantu mengatasi Diabetes, membantu menurunkan BB, membantu proses dotokfikasi, membantu mencegah kanker usus besar, mencegah usus buntu, mengatasi anemia, dan membantu perkembangan bakteri baik dalam usus.
Apa itu makanan rendah lemak ?

Setiap makanan yang mengandung rendah lemak juga rendah kalori, tetapi masih tetap mengandung bahan utama untuk kesehatan tubuh,seperti protein dan kalsium.

Anjuran-anjuran
  • Dianjurkan supaya kita  sesedikit mungkin mengkonsumsi lemak.
  • Sebenarnya ada berbagai jenis makanan rendah lemak yang dapat kita konsumsi, yaitu dengan mengubah cara memasak bahan makanan dari menggoreng menjadi dibakar atau dikukus.
  • Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit
  • Penelitian WHO merilis bahwa gaya hidup duduk terus menerus dalam bekerja menjadi penyebab 1 dari 10 kematian dan kecacatan, serta lebih dari 2 juta kematian tiap tahun disebabkan oleh kurangnya bergerak/aktivitas fisik.Oleh karena itu, beraktivitas fisik sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan.
Berapa lama seseorang perlu melakukan aktivitas Fisik ?
  • Aktivitas fisik secara teratur yang dilakukan paling sedikit 30 menit dalam sehari dapat menyehatkan jantung, paru-paru, serta alat tubuh yang lainnya.
  • Jika banyak waktu yang digunakan untuk beraktivitas fisik, maka manfaat yang diperoleh juga lebih banyak.
  • Jika kegiatan ini dilakukan setiap hari secara teratur, maka dalam waktu 3 bulan kedepan akan tersa hasilnya.
Apa keuntungan melakukan aktivitas fisik secara teratur ?
  1. Terhindar dari penyakit Jantung, Stroke, tekanan darah tinggi, kanker, kencing manis, osteoporosis, dll.
  2. Berat badan terkendali
  3. Otot lebih lentur dan tulang lebih kuat
  4. Bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional
  5. Lebih percaya diri
  6. Lebih bertenaga dan bugar
  7. Secara keseluruhan keadaan kesehatan menjadi lebih baik.
Jenis AKetahanan yang harus dipupuk atau dilatih
  • Ketahanan
Aktivitas fisik yang bersifat ketahanan dapat membantu jantung, paru, otot dan sistem sirkulasi darah tetap sehat dan membuat kita lebih bertenaga.Contoh : Jalan kaki, Lari ringan, Berenang, Senam, bermain tenis, Berkebun dan bekerja disawah atau taman.
  • Kelenturan
Aktivitas fisik yang bersifat kelenturan dapat membantu pergerakan lebih mudah,mempertahankan otot tubuh tetap lemas atau lentur dan sendi dapat berfungsi dengan baik.Contoh : mencuci pakaian, mengepel lantai, senam taichi / yoga.
  • Kekuatan
Aktivitas fisik yg bersifat untuk kekuatan dpt membantu kerja otot tubuh dlm menahan sesuatu beban yg diterima,tulang tetap kuat,dan mencegah osteoporosis.Contoh : naik dan turun tangga, Push up, angkat berat/beban, fitnes.

3. Tidak merokok

Rokok itu ibarat pabrik bahan kimia. Dalam 1 batang rokok yang dihisap, akan dikeluarkan sekitar 4.000 bahan kimia,200 diantaranya beracun dan 43 penyebab kanker. Racun utama pada rokok adalah Nikotin, Tar dan Karbon Monoksida (CO)
Nikotin menyebabkan ketagihan dan penyakit jantung.
Tar  adalah subtansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru dan menyebabkan kanker.
Karbon Monoksida (CO)  menyebabkan gangguan fungsi jaringan karena zat ini mengikat haemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Siapa saja yang disebut perokok ?
  1. Perokok Aktif adala orang yang mengkonsumsi rokok secara rutin dengan sekecil apapun
  2. Perokok Pasif adalah orang yang bukan perokok tapi menghirup asap rokok orang lain. Perokok pasif mempunyai dampak yang lebih dari pada perokok aktif.
Dampak Negatif Perokok
  1. Langsung : iritasi mata,batuk-batuk,pusing dan mual-mual.Bagi penderita athsma bisa menurunkan fungsi paru.Efek yg ditimbulkan 3 x lebih berbahaya dari pada perokok aktif
  2. Tidak langsung : perokok pasif memiliki peningkatan resiko terkena kanker sebanyak 25 %
Apa akibat merokok bagi kesehatan ?
  1. Tekanan darah tinggi dan Stroke
  2. Menyebabkan 25 % kematian akibat jantung koroner
  3. Serangan jantung 3 kali lebih sering dari yg bukan perokok
  4. Berisiko terkena penyakit kanker
  5. Gangguan pada sistem saluran pernafasan
  6. Keguguran
  7. Bayi lahir mati atau cacat
  8. Impotensi
Ketergantungan,ketagihan,dan cenderung terpengaruh untuk menggunakan narkoba/Napza.
ANDA INGIN SEHAT ?
Sehat itu sangat mudah kita lakukan,
Cukup dengan menerapkan Gaya Hidup Sehat


Oleh : SUHARNI,SKM (PUSKESMAS WINONG 0I)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.