Kategori

Syarat-Syarat Mengarang Lagu

Diposkan oleh On 12:03 AM

Dalam artikel syarat mengarang lagu kali ini menjadi pembahasan utama dalam seni musik. Apakah seseorang harus menguasai Unsur-Unsur Musik terlebih dahulu untuk mengarang lagu? Apakah Harus mengetahuai Langkah-Langkah Mengaransemen Lagu. Atau mengerti Tentang Aransemen Lagu terlbih dahulu.. Mengarang lagu dengan berbagai macam metode yang mereka lakukan. Ada yang menyanyi saja, kemudian merekam apa yang mereka nyanyikan. Lalu memutar kembali dengan mengulang-ulang. Memperbaiki yang dirasa belum tepat, baik lirik maupun nadanya. Ada pula seseorang mengarang lagu dengan membuat nadanya terlebih dahulu kemudian mencari liriknya dan menyanyikannya. Banyak yang juga mengarang lagu dengan menggunakan bantuan keyboard atau gitar untuk mengaransemen nadanya. Dengan menulis lirik lagu dan mengaransemen nada bisa lebih mudah dan langsung bisa dirasakan hasilnya. Dari berbagai metode diatas maka ada hal-hal yang menjadi syarat mengarang Lagu.

Syarat-syarat Mengarang Lagu

BAKAT

Syarat-Syarat Mengarang LaguBakat adalah kemampuan dasar yang dimiliki seseorang sejak lahir. Jadi pada saat didalam perut sudah ditiupkan kemampuan berolah seni. Bakat seperti ini ternyata juga membutuhkan latihan-latihan secara rutin dan disiplin. Dengan begitu mereka akan lebih mudah dan cepat mengasah kemampuan dirinya. 

Pernah mendengar perkataan orang yang bunyinya kurang lebih demikian. Jika tidak punya bakat, latihan sampai kapanpun maka tidak akan bisa. Anggapan yang demikian ada kemungkinan benar, namun belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Pelatihan akan menjadi agenda utama dalam berlatih musik. Tanpa latihan maka tidak akan bisa berhasil. Bagaimana yang tidak punya bakat? Maka jawabanya adalah Frekuensi latihannya diperbanyak justru akan menghasilkan bentuk dan gaya personal seseorang dalam bernyanyi. 

Intinya adalah Latihan maka bakat akan terbentuk dengan sendirinya. Bakat Tanpa latihan juga hasilnya kurang mnaksimal bahkan bisa jadi NOL. Namun latihan rutin sekalipun tanpa bakat tetap akan mengasilkan karya yang luar biasa.

PENGETAHUAN MUSIK

Pengetahuan musik juga menjadi syarat dalam mengarang lagu. Lagu adalah uangkapan pikiran dan perasaan melalui rangkaian nada-nada dan syair yang disusun secara sengaja. Kemampuan dasar pengetahuan tentang musik menjadi kwajiban bagi setiap komposer dalam mengarang lagu atau mengaransemen lagu. Perlu juga mengetahui Langkah-Langkah mengaransemen Lagu dan Syarat-Syarat Mengarang Lagu. Pengetahuan dasar musik yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:
  • Pengetahuan Dasar Teori Musik : Teori mengenai interval Nada, Tanda Tempo, Tanda diam, Tanda kunci birama dan Tanda Birama, Dinamika, Ekspresi (unsur Musik), Susunan, Tangga Nada, Notasi 
  • Pengetahuan Dasar Melodi : Pengetahuan Melodi ini termasuk penting dikarenakan untuk menyempurnakan lagu yang bakal dinyanyikan. Melodi merupakan bagian unsur musik yang tidak bisa dipisahkan dengan akor. Dengan penggabungan Akor dengan melodi menghasilkan musik yang harmonis.
  • Pengetahuan Dasar Ritme : Ritme atau Irama menjadi syarat dalam mengarang lagu. Dengan penghayatan penuh akan tercipota ritme tertentu seingga terbentuklah pola irama yang bervariasi.
  • Pengetahuan Dasar Ilmu harmoni : Keselarasan paduan bunyi.
  • Pengetahuan Dasar Pola dan Bentuk Komposisi : Komposisi adalah rangkaian Nada untuk membuat suatu simponi atau rangkaian unsur pokok dalam membuat sebuah karya.
  • Pengetahuan Dasar Ilmu Vokal : Ilmu tetntang bagaimana mengolah vokal kita, mengolah modulasi yang kita miliki dan bagaimana teknik memegang Microphone dan Teknik pernafansannya.

PENGETAHUAN BAHASA YANG BAIK

Pengetahuan Bahasa yang bagaimana yang dimaksudkan dalam artikel ini? Yang saya maksudkan dalam artikel ini adalah pengetahuan menentukan tema yang tepat yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa kalimat. Tentunya adalah kalimat yang baik yang memiliki susunan yang baik dan benar pula.

Kemampuan memilih dan mengatur kata sehingga menimbulkan bunyi bahasa yang menarik. Artinya untuk bunyi akhiran dalam satu kalimat bisa berpola AAAA atau ABAB atau terserah yang terpenting pantas dan tepat enak didengar tanpa mengurangi makna yang dimaksudkan.

Menguasai pengetahuan tentang ungkapan dan gaya bahasa yang baik. Ketika orang tersebut menguasai keseluruhan pengetahuan yang baik, maka akan mampu menggabungkan beberapa kata dengan nada-nada yang indah. Sehingga harmonisasi dari sebuah lagu tersebut tercapai.



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »