Kategori

Bab 2 : (D) Menyanyikan Lagu Secara Unisono

Diposkan oleh On 1:32 AM

Menyanyikan sebuah lagu dapat dilakukan dengan berbagai teknik dan Nada. Shingga menghasilkan sebuah sajian musik yang baik. Menyanyikan lagu baru maupun lagu lama membutuhkan konsentrasi yang luar biasa, ditambah rasa musikalitas yang tinggi. Tidak hanya bakat yang dibutuhkan, namun harus dilengkapi dengan latihan rutin. Ini akan tercipta vokalis handal dalam style musik yang disukainya.

Rasa musikalitas adalah melodi batin yang bersemayam dalam jiwa setiap orang. Kapasitasnya tergantung dari seseorang tersebut, sejauh mana penguasaan teknik bernyanyinya. Melodi batin ini akan muncul tanpa harus diundang, asalkan tekun berlatih musik maka hal itu secara otomatis akan menempel pada orang tersebut.

Seorang vokalis harus memahami betul tema dan isi lagu. Hal ini akan sangat dibutuhkan sebab tanpa mengerti isi lagunya, maka penghayatannya tidak maksimal, sehingga ketika membawakan sebuah lagu belum mampu membuat penikmat seni alias penggemar larut dan terbuai dalam alunan lagu kita.

Seorang vokal harus mengetahui melodi sebagai selingan lagu. Sebelum vokal menyanyi biasanya ada melodi pembuka yang disebut prelude. Kemudian ditengah-tengah lagu sebelum masuk reff biasanya juga ada mnelodi lagi yang dinamakan interlude. Kemudian melodi akhir sebelum lagu berhenti dinamakan postlude. Untuk Prelude biasanya berdurasi 4 sampai 8 birama. Jika sudah memasuki postlude, berarti lagu secara keseluruhan akan segera berakhir.

Dalam Musik Unisono adalah istilah yang merupakan pertanda bahwa musik dimainkan dalam satu nada. Baik secara individual maupun berkelompok. Dalam paduan suara maka mengharuskan seluruh penyanyinya menyuarakan nada yang sama. Demikian juga dalam musik ensambel, semua alat musik dimainkan dengan nada yang sama.

Contoh lagu “ Bengawan Solo” (dalam Proses)

Referensi gambar Nada : carapedia.com

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.