Kategori

Ragam Hias Geometris

Diposkan oleh On 11:57 PM

Ragam Hias Geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris kemudian digayakan sesuai dengan selera dan Imajinasi pembuatnya. Ragam hias geometris ini sering kita jumpai di indonesia, seperti di daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Dan Papua. Berbeda dengan Ragam Hias seperti Flora, Fauna dan Alam Benda, Ragam hias ini cenderung disusun memanjang dan sambung menyambung sehingga terbentuk gambar yang diulang-ulang. Ragam hias geometris ini jika sudah berupa barang jadi atau berupa karya jadi yang menggunakan hiasan geometris, maka ada yang termasuk kategori seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seperti keramik penyekat di kamar mandi juga biasa menggunakan ragam hias geometris.

Biasanya untuk ragam hias geometris ini dibuat dengan cara menggabungkan bentuk bentuk geometris kedalam satu motif ragam hias. Untuk membuat kaligrafi jenis hiasan mushaf atau hiasan dekorasi juga sering menggunakan hiasan geometris ini.






Berikut ini adalah contoh gambar ragam hias geometris yang bisa anda fahami berdasarkan nama dan bentuknya.
  • Gelombang dan lingkaran : Gelombang dan lingkaran ini merupakan perpaduan antara garis berombak dihiasi dengan bulatan-bulatan kecil sehingga membentuk motif dasar yang sederhana namun tetap berkelas. Contoh Gambar sebagai berikut :

  • Ikal : Dikatakan ikal karena motifnya kriting dan membentuk seperti ukiran. Kelenturan menjadi modal utama dalam membuat motif jenis ikal ini. Contoh sebagai berikut :

  • Swastika : Motif ini berbentuk S yang di tumpuk dengan cara menyilangkan sehingga menjadi motif yang sangat indah. Ini sangat cocok untuk hiasan dekorasi. Berikut Contohnya:

  • Meander : Motif geometri meander ini ada yang menyerupai huruf R kecil ada yang menyerupai Huruf T besar. ini bisa dimodifikasi sesuai selera. Lebih bervariasi lebih bagus. Ini adalah contoh meander sederhana :

  • Gearland : Kata gearland dengan mudah untuk diingat dengan melihat bentuk gir sepeda atau sepeda motor. Motif ini sering terlihat di gedung pesta ulang tahun dengan lekungan-lekungan pita. atau bisa dilihat di jendela-jendela dengan hiasan pita melengkung. Berikut contoh gambar sederhananya :

  • Diamond : Merupakan salah satu motif geometris yang merbentuk seperti mutiara. Contoh gambar berikut nanti adalah contoh gambar sederhana yang melambangkan mutiara atau istilah bahasa Inggris adalah diamond. Beikut contoh gambarnya :

  • Tumpal : Motif tumpal bentuknya seperti Zig-Zag namun lebih tinggi. Yang biasa dipakai untuk motif paling bawah dengan kesan kokoh dan kuat karena terbentang motif berbentuk pondasi. Berikut contoh gambarnya :

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

Golok banget sih daerah daerahnya gak detail cuma jawa,sumatera,Kalimantan,Sulawesi ,papua. Itukan cuma 5 pulau besar.kalo gak ngerti jangan ngepost

Golok banget sih daerah daerahnya gak detail cuma jawa,sumatera,Kalimantan,Sulawesi ,papua. Itukan cuma 5 pulau besar.kalo gak ngerti jangan ngepost

Maaf kalau kurang detail. Sesuai kemampuan saya bos. Semoga anda bisa menemukan artikel yang lebih bagus. Nanti diupayakan jika ada waktu yang lebih banyak. Sukses buat Alexander G.

Pilin berganda termasuk motif hias geometris?

wah baik sekali padahal diejek
terima kasih ragam hiasnya ya???

ejekan bagi kami para publisher adalah kekayaan

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.