Kategori

Bab 2 : (E) Bermain Musik Ensambel

Diposkan oleh On 2:05 AM

Bermain musik Ansambel adalah memainkan alat musik secara bersama-sama namun untuk alat musik melodis harus dibunyikan dengan nada yang sama. Artinya antara alat musik yang satu dengan alat musik yang lain harus dibunyikan dengan nada yang sama. 

Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana. Kemudian untuk lagunya bisa dinyanyikan secara Unisono. Maka tersajilah musik Ansambel yang bagus.

Jika ingin lebih terasa merdu bisa ditambah dengan keyboard. Alat musik ritmis bisa dibunyikan bersama-sama maupun difariasi.
Musik Ansambel berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 3 kelompok
  1. Alat Musik Ritmis : Alat musik ini berfungsi untuk mengatur irama. Contoh : Triangle, Gendang, dan ketipung.
  2. Alat Musik Melodis : Alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Alat musik ini harus memiliki nada sehingga dapat mengeluarkan rangkaian nada. Contoh : rebab dan mandolin.
  3. Alat Musik Harmonis : Alat musik yang difungsikan sebagai pengiring dan dapat mengeluarkan paduan nada sekaligus. Contoh : Sampek dan sasando.

Berikut ini gambar alat Musik Ritmis

gambar diatas Treangle

Gambar diatas : Gendang

Gambar diatas : Ketipung


Musik Indonesia indonesia sangat beragam mulai dari musik tradisional sampai pada musik modern.antara lain dangdut dan musik keroncong. Masing-masing alat musik memiliki karakteristik tersndiri yang tersebar hingga sudut pulau.

Angklung (diakui oleh UNESCO) sebagai warisan Budaya. Angklung adalah alat musik dari daerah jawa barat dan Banten. Dulu musik angklung banyak digunakan untuk bunyi-bunyian tari dalam rangka dikaruniai panen padi yang melimpah ruah. tradisi ini sudah mulai pudar dikalangan kaum muda sehingga mereka tidak mengenal secara detail bentuk bentuk nada yang dinyanyikan.

seseorang yang mengembangkan angklung sebagai musik disekolah dengan laras diatonik adalah Daeng Sutisna. Seorang guru yang berasal dari kuningan Jawa Barat.  Pak Daeng S membuat angklung melodi dan Angklung pengiring. Angklung melodi terdiri dari dua tabung bambu dengan nada sama, kemudian untuk angklung pengiring terdiri dari 3 nada yang berbeda (akor).


Musik Indonesia

Musik Indonesia adalah alat musik yang memang berasal dari Indonesia. Baik alat musiknya masih tradisional maupun Modern. Namun Kesemuanya asli dari Indonesia. Kemudian berkembang juga gaya musik atau style musik yang asli dari indonesia, walaupun sekarang sudah menggunakan alat musik modern buatan luar negeri dalam hal ini bisa dikolaborasikan. Yaitu jenis musik Keroncong dan Dangdut.

Di indonesia terdiri dari beberapa daerah, dan masing-masing daerah melahirkan beberapa alat musik. Misalnya Angklung (Banten, Jawa Barat). Seruling Bambu (Sulawesi, NTT), Sasando (Kab. Rotedau NTT), Kolintang (Minahasa, Sulawesi Utara).

Refferensi buku :
LKS Kelas 7 Semester Gasal
Kamus Bahasa Indonesia

Refferensi Gambar 

Angklung : nusae.wordpress.com
treangel : majalahpraise.com
Gendang : youtube.com


Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »