Kategori

Seni Kerajinan Tangan

Diposkan oleh On 7:32 AM

Kerajinan Tangan adalah membuat hasil karya atau barang yang bagus dengan mengandalkan keterampilan tangan yang dikerjakan dengan kemampuan yang luar biasa yang memiliki tujuan fungsi untuk dipakai atau digunakan serta tidak mengesampingkan keindahan atau estetika sehingga memiliki daya beli yang tinggi.

Semakin tinggi nilai kualitas hasil karya tersebut maka semakin mahal harganya. Maka yang menjadi kepentingan pokok dalam berkarya adalah mengutamakan kualitas demi pelanggan setia dan masyarakat secara umum.

Coba kita kaitkan dengan kehidupan kita. Semakin berkualitas keilmuan kita maka akan semakin dihargai oleh orang lain bahkan Allah akan memberikan sesuatu yang luar biasa yang tidak pernah kita sangka datangnya.

Kerajinan Tangan memiliki dua fungsi yaitu Fungsi Pakai dan Fungsi Hias. 
  • Fungsi Pakai adalah hasil karya tersebut memang harus bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun juga jangan lupa untuk memperhatikan keindahan juga, sebab berguna namun tidak indah maka menjadi Tidak Menarik.
  • Fungsi Hias adalah karya yang kita miliki hanya untuk hiasan saja. Tidak ada prioritas keindahan.
Mari kita kaitkan dengan kehidupan kita. Manusia dibuat oleh Allah selain indah juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Konsep yang kita pegang adalah "Khoirun Naas Anfa'uhum Linnas". Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kerajinan Tangan jika dilihat dari segi bahan dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Kerajinan bahan keras yaitu kerajinan yang bahannya tidak mudah pecah. Misalnya kayu, bambu, besi, aluminium, dan lain lain. Maka kalau kita ingin membuat karya dengan teknik tertentu, maka teknik tersebut harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Contoh: Bahan besi maka teknik pembuatan karyanya dengan cara diLas, kemudian jika bahannnya kayu maka cara pembuatan karyanya dengan cara dipahat.
  2. Kerajinan bahan lunak adalah kerajinan yang memang bahannya mudah dibentuk sekalipun tanpa menggunakan alat bantu, cukup menggunakan tangan. Misalnya kita ingin membuat keramik, maka bahannya dengan menggunakan tanah liat.
Faktor yang mempengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah :
  1. Faktor Budaya menjadi pengaruh pertama, misal budaya dengan rumah ukiran maka setiap karya selalu diwujudkan dengan ukiran. Terbukti banyak peninggalan kuno yang menggunakan ukiran.
  2. Letak Geografis. Letak geografis juga mempengaruhi kerajinan tangan. bandingkan saja orang yang hidup dipesisir pantai, maka kerajianannya yaitu membuat jaring atau pukat ikan, membuat perahu dan lain-lain, kembangkan sendiri.
  3. Sumber Daya Alam menjadi faktor yang berpengaruh berikutnya. Misalnya saja disana banyak sekali tumbuhan bambu, maka banyak masyarakat yang membuat kerajinan dengan bahan bambu.
Tahap atau cara pembuatan kerajinan tangan :
  1. Membuat rancangan atau desain.
  2. Menyiapkan alat dan bahan.
  3. Membuat benda sesuai rancangan.
  4. Finishing ( tahap akhir ).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »