Kategori

RPP SENI BUDAYA Kelas 7 atau kelas 1 SMP/MTS

Diposkan oleh On 3:20 AM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                    : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                     : VII/ Genap
ALOKASI WAKTU                      : 2X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI            : 1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 1.1    Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat
  2. Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat.
3.   Membuat gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


 
B. MATERI POKOK   
  • Karya seni rupa terapan daerah setempat

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca referensi jenis karya seni rupa.
F  Peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan  daerah setempat.
F  Peserta didik Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN           
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat.
Ü  Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
Penugasan individu/ kelompok



Tugas rumah




Ü  Kumpulkan data berupa gambar-gambar karya seni rupa terapan di daerahmu dan buatlah diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan daerahmu


                                                     
     

Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                    : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                     : VII/2
ALOKASI WAKTU                      : 4X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI            : 1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
  2. Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


 
B. MATERI POKOK   
sikap apresiatif terhadap keunikan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
F  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu 
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN           
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
Penugasan individu/ kelompok

Tugas Proyek

Ü  Buatlah kliping dengan mengambil data  gambar berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu 

                                                                 

Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                    : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                     : VII/2
ALOKASI WAKTU                      : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI            : 10.   Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat

    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi.
  2. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  3. Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
  4. Membuat Bentuk-bentukTopeng

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK   
·         Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
·         Bentuk-bentukTopeng

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·   Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati contoh-contoh karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat gambar bentuk topeng
F  Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat sketsa gambar topeng
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN           
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat sketsa gambar topeng
Ü Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat

Tes praktik/ kinerja


 Uji Petik Kerja


Ü  Buatlah gambar  topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,

                                                     
Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I

                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                    : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                     : VII/2
ALOKASI WAKTU                      : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI            : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan teknik dan
                                                             corak daerah setempat
    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep keramik
  2. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
  3. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
  4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
  6. Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
  7. Merancang keramik benda pakai.
  8. Merancang keramik benda hias.
1.   Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
      corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
      corak daerah  (Banten).

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK   
  • Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                 

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·   Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi kriya keramik
F  Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Merancang keramik benda pakai dan benda hias
F  Membuat keramik benda pakai
F  Membuat keramik benda hias
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan rancangan keramik terbaik dari siswa
F  Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor
·         Benda-benda kriya keramik

F. PENILAIAN           
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

Ü  Buatlah sebuah topeng yang mencerminkan kekhasan  dan  corak daerahmu

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik





Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik



Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                          : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN              : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER               : VII/2
ALOKASI WAKTU                : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI   : 10.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR        : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan  sendiri untuk
                                                          pameran kelas atau Madrasah
     

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
  2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
  1. Membuat  kelengkapan pameran seni rupa di kelas

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK :
·         Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
      perlengkapan, dan perencanaan.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.                       

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN     
1.     Kegiatan Pendahuluan
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
      materi   yang akan diajarkan

2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku teks tentang pameran
F  Menyiapkan rencana pameran, dan membentuk kepanitiaan pameran.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
F  Membuat buku tamu, katalog, dan label karya
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                       
E. SUMBER BELAJAR :
·         Buku teks Seni Budaya

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas

Penugasan individu/ kelompok

Tugas
rumah

Ü  Buatlah Proposal pelaksanaan pameran  hasil karya  siswa  di kelas.
Ü  Jelaskan konsep pameran seni rupa!
Ü  Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
Ü  Buatlah susunan panitia pameran kelas!
Ü  Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!

                                                                                               
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Sistematika proposal





Kepanitiaan pameran





Kesesuaian anggaran dan belanja





Kreativitas acara pameran






Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I


                                               






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                             : MTs. Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                 : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                  : VII/2
ALOKASI WAKTU                   : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI         : 10.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR             : 10.4     Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam
                                                            Bentuk pameran kelas atau Madrasah

                                         
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK    :
  • Denah ruang pameran seni rupa
  • Penataan karya seni rupa di kelas.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas                      

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN      :
1.     Kegiatan Pendahuluan
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menata karya seni rupa di ruang pameran.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
F  Pelaksanaan pameran.
F  Penilaian proses pelaksanaan pameran
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                       
E. SUMBER BELAJAR :
·         Buku teks Seni Budaya

F. PENILAIAN       
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau Madrasah

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja
Ü  Laksanakan pameran hasil karyamu sesuai dengan tema yang telah ditentukan di kelas/Madrasah
           
Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Denah ruang pameran





Penataan karya





Kelengkapan pameran





Tanggapan pengunjung






Keterangan
1 = sangat kurang.  2 = kurang
3 = cukup               4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala Madrasah


SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                         : MTs. Roudlotusysyubban
Kelas                              : VII (tujuh)
Semester                         : 2 (genap) 
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                    : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi              : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar                 : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah. 


§  Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

§  Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Tengah “Desaku Yang Kucinta” oleh : Sambas

§  Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life skill

§  Langkah – langkah pembelajaran
Peretmuan pertama dan kedua.
1.   Kegiatan Pendahuluan
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendengarkan lagu-lagu Jawa Tengah melalui CD/VCD/kaset/guru.
F  Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F  Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

§  Alat/Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Lagu daerah “Desaku Yang Kucinta”
F  VCD, CD, kaset, guru

§  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
Ü  Menyebutkan nama alat musik pengiring

Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
Ü  Sebutkan nama alat musik pengiringnya
Ü  Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
Ü  Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan!
Ü  Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü  Jelaskan nama pencipta lagu “Desaku Yang Kucinta”
Ü  Ceritakan makna lagu “Desaku Yang Kucinta” yang kalian dengarkan!
Ü  Sebutkan tanda mula pada lagu “Desaku Yang Kucinta”

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2



10
10



Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.



Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                         : MTs. Roudlotusysyubban
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya
Kelas/Semester                   : VII / 2 (dua)
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

I.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

II.   Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu “Gundul-Gundul Pacul”.

III. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan Lifeskill

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  
  
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan lagu “Gundul-Gundul Pacul”  melalui VCD.
F  Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan.
F  Masing-masing kelompok memberikan tanggapan secara lisan.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

V.   Alat/Sumber Belajar
F  Buku “ Seni Budaya .
F  VCD,/cassete/guru
F  Lagu “Gundul-Gundul Pacul”. 

VI.       Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat

Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 keunikan dan ciri  lagu daerah setempat
Ü  Berasal dari daerah manakah lagu “Gundul-Gundul Pacul”?
Ü  Memakai tangga nada apakah lagu “Gundul-Gundul Pacul”?
Ü  Bagaimana cara menyanyikan lagu “Gundul-Gundul Pacul”?
Ü  Bagaimana pendapatmu tentang keberadaan lagu daerah pada era sekarang?
Ü  Siapa pencipta lagu “Gundul-Gundul Pacul”?

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

20
20

2

20
20

3

20
20

4

30
30

5

10
10



100
100

Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 


Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                         : MTs. Roudlotusysyubban
Kelas                              : VII / 2  
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
1.1 Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
:
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

1.   Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

2.   Materi Ajar
Struktur Formal Musik Daerah

3.   Metode Pembelajaran
Model pendekatanCTL dan Life skill

4.   Langkah-langkah Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan ياهنانا.
F  Dengan kelompoknya siswa mendiskusikan ياهنانا; tangga nada yang dipakai, mendiskusikan unsur keunikan ياهنانا
F  Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5.   Alat / Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Tape recorder, cassete, ياهنانا. 





6.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat


Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 nama tokoh musik daerah setempat
Ü  Sebutkan jadwal lagu yang diperdengarkan pada tape recorder?
Ü  Memakai tangga nada apakah ياهنانا?
Ü  Tulislah syair lagu tersebut!
Ü  Dimanakah letak unsur keunikan pada ياهنانا?
     
Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

10
10

2

20
20

3

20
20

4

20
20

5

30
30



100
100


Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 


Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                         : MTs. Roudlotusysyubban
Kelas                              : VII (tujuh) 
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                          : 2 (dua)
Alokasi Waktu                    : 6 x 40 menit  ( 3X Pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat. 

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§  Menyanyikan lagu daerah “ Gelang si Paku Gelang” secara kelompok.
§  Menulis elemen-elemen musik seperti; nada, irama, dan dinamika lagu daerah yang didengar.
§  Membuat nada- nada melodi selingan secara sederhana.
§  Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Berkarya Musik daerah

C. Metode Pembelajaran
§  Model pendekatan CTL dan Life skill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua  dan ketiga.
1.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Memperdengarkan satu bentuk arr. Musik melalui CD/tape.
F  peserta didik Menirukan/menyanyikan lagu daerah yang didengar.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memulai berlatih menulis aransemen dengan dipandu guru.
F  Membagi siswa dalam 5 kelompok dan menentukan alat musik pengiring
F  Mendiskusikan unsur-unsur lagu yang akan diaransir
F  Tiap kelompok mengaransir secara sederhana lagu  yang berbeda
F   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menanyakan kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arr. Sendiri.
F  Membuat kesimpulan  hasil lagu yang akan diaransir.

E. Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Lagu-lagu daerah
F  DVD, VCD, CD, kaset tape recorder /guru

F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menyanyikan lagu daerah setempat
Ü  mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Ü Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok

Tes praktik/ kinerja


Tes Uji Petik Kerja
Ü  Nyanyikanlah 3 judul lagu yang sudah diperdengarkan
Ü Buatlah partitur aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
Ü Tampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Ketrampilan bermain musik





2
Kekompakan kelompok





3
Harmoni





4
Kreativitas





5
Penampilan






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang                       
2 = kurang                               
3 = cukup         
4 = baik           
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H


Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                         : MTs. Roudlotusysyubban
Kelas                              : VII (tujuh)  
Mata Pelajaran                    : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                          : 2 (dua)
Alokasi Waktu                    : 4 x 40 menit  ( 2x pertemua )

Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok di kelas.
Indikator
:
v  Membuat perencanaan pagelaran
v  Menyanyikan lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.     Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.     Menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah secara perorangan
3.     Menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah dengan aransemen sederhana secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Berkarya Musik Daerah
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua.
a.     Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

b.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat perencanaan pagelaran
F  Menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah dengan aransemen sederhana
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berlatih memainkan hasil aransemen
F  Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang lagu daerah Jawa Tengah.
E.   Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat
Ü  Menyajikan hasil aransemen secara kelompok  dan perorangan

Tes praktik/ kinerja


Tes Uji Petik Kerja
Ü  Tampilkan hasil aransemen kamu  dengan alat musik pengiring yang dipilih
Ü  Menyebutkan susunan panitia pagelaran!
Ü  Nyanyikan lagu daerah Jawa Tengah secara perorangan!
Ü  Nyanyikan lagu daerah Jawa Tengah dengan aransemen sederhana secara kelompok.


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Intonasi lagu





2
Artikulasi





3
Ketepatan ketukan





4
Harmonis






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang                       
2 = kurang                               
3 = cukup         
4 = baik           
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala Madrasah



SULKHAN, S.H
          

Tawangrejo, 02 Januari 2017
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I





Nama Barang : Ukuran : Bahan/ Media : Keterangan : Pemilik : Jika Berminat Segera : (Klik Berikut) HUBUNGI KAMI

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »