Kategori

Fungsi Sosial Musik

Diposkan oleh On 3:17 PM


Fungsi Sosial MusikFungsi sosial Musik

Musik tidak hanya dimainkan atau mungkin hanya untuk didengarkan. namun musik memiliki sunfsi sosial dalam masyarakat. Menikmati secara pribadi sudah menjadi hal lazim. Dengan musik dikatakan mampu menghilangkan stres dan kepenatan bagi seorang individu. Dengan mendengarkan musik seseorang bisa dengan mudah memahami sebuah ilmu tertentu. Bahkan banyak perpustakaan perpustakaan yang dilengkapi dengan suara musik yang diputar dengan lembut. Tujuannya adalah merangngsang otak untuk aktif merekam setiap kata yang sedang dibacanya. Entah benar atau tidak itu tergantung kebiasaan seseorang saat sedang membaca. 

Makanya genre musik akan sangat berpengaruh sekali terhadap hal ini sebab masing-masing genre musik memiliki karakter yang berbeda-beda. Contoh saja musik jazz, musik ini memiliki karakter lebih lembut dibanding dengan musik POP apalagi musik ROCK. Hal ini mungkin yang mempengaruhi pemilihan seseorang terhadap musik yang diinginkan. Apakah ada yang bisa membaca dengan diiringi musik rock, jawabannya adalah wallahu a'lam (Allah yang Maha Tahu).
Berikut ini adalah Fungsi Sosial Musik. Nanti kita juga bisa melihat musik berdasarkan Subjeknya dan fungsi musik berdasarkan jenisnya, walaupun sudah kita ulas garis besarnya. Perhatikan fungsi sosial musik berikut ini:

Sebagai media Pendidikan

Musik dalam dunia pendidikan ternyata mampu membentuk pola pikir yang lebih kreatif dan inovatif. Maka seseorang biasanya terpacu untuk lebih maju dan terus berkembang, sehingga terwujud adanya media pembelajaran yang bermakna. Bahkan isi lagu bisa membentuk akhlaq seseorang. Misalnya lagu yang bertemakan agama, menghormati ibu, bertema kehidupan bermasyarakat dan bersahabat, akan mampu membentuk jiwa-jiwa yang baik. Isi lagu akan mempengaruhi kehidupan mereka.

Sebagai media Rekreasi

Kejenuhan dan kepenatan seseorang dalam bekerja memang bisa diatasi dengan mendengarkan musik, tidak terkecuali dalam kehidupan bermasyarakat secara umum, hampir setiap orang setuju saat mengendara sebuah bus dan didalam bus terdiri banyak orang, kemudian didalam bus diputar lagu maupun musik tertentu sehingga semua orang bernyanyi dan bergembira dengan dilengkapi musik yang sedang diputar. Mereka akan lebih suka bilang "Keraskan volume musiknya" dibanding mereka bilang "Tolong matikan musiknya". Atau mereka tidak mengatakan apa-apa, namun tetap mengangguk-anggukkan kepala mengikuti alunan musik.

Sebagai Media Komunikasi

Musik bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan sesuatu pada masyarakat. Musik akan menjadi media untuk menyampaikan sesuatu pada orang lain baik untuk kepentingan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Tentunya dalam hal ini adalah isi lagu dalam musiknya. Bukan musik untuk kampanye parpol. Musik untuk kampanye adalah musik sebagai hiburan, termasuk kategori musik berdasarkan jenisnya. Namun yang dimaksud disini adalah isi musik yang bermuatan nasehat politik. Mungkin kalau penyanyi indonesia yang sering membawakan lagu ciptaanya yang berbau nasehat politik adalah iwan fals. Misal saja lagu yang berjudul wakil rakyat (seharusnya merakyat). Ungkapan jujur sebagian rakyat yang mungkin belum mengenal wakilnya sendiri entah bagaimana? bisa ditanyakan langsung pada pengarangnya. Ada lagi musik dipakai sebagai media Sponsor, sponsor yang menggunakan lagu-lagu yang memanfaatkan artis musisi dan penyanyi.

Musik sebagai Profesi

Orang yang memiliki profesi sebagai musisi, artis, penyanyi akan mendapatkan uang dari karya musiknya, dari keindahan lagu dan suaranya. Dengan bermain musik semata mata untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dengan manyanyi tabungannya bisa untuk kelangsungan diri dan keluarganya. Sumber penghasilan utama adalah menyanyi, bermusik dan terjun dalam bidang musik. Mereka berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan kehidupan yang layak bagi keluarganya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »