Kategori

Fungsi Musik Menurut Jenisnya

Diposkan oleh On 5:05 PM

Fungsi Musik Menurut Jenisnya
Musik memang ada yang berfungsi sebagai sosial, atau kita bisa katakan fungsi sosial Musik namun ada pula fungsi musik yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Musik ini banyak memiliki fungsi terutama untuk khalayak ramai. Namun pembahasan kali ini bukan untuk menjelaskan musik secara sosial namun fokus pembahasan musik berdasarkan jenisnya. Maka disini alat instrumental nya pun akan berbeda dari jenis musik yang satu dengan yang lain.

Memang musik Nusantara itu beraneka ragam sehingga ini menjadi budaya bangsa yang patut kita lestarikan dan kita jaga, jangan sampai punah. Apapun jenis musiknya, mungkin bisa hasil dari adobsi musik musik barat dan timur tengah. Semuanya wajib kita jaga.

Musik berdasarkan jenisnya dibagi menjadi:

Musik Murni

Musik Murni adalah tercipta hanya untuk dinikmati keindahannya. Orang berkarya hanya demi keindahan saja. Entah untung atau tidak dilihat dari segi ekonominya, yang terpenting adalah berkarya. Mereka yang ikut aliran musik ini tidak pernah berbicara untung dan rugi saat berkarya musik. Yang terpenting adalah musik bisa didengar indah dan bisa membuat para pendengarnya puas. Contoh musik yang masuk kategori seni murni adalah musik orkestra dan musik simfoni.

Musik Hiburan

Musik hiburan adalah musik yang semata-mata tercipta untuk hiburan semata, orangsenang, orang lain gembira dan orang lain bahagia. Inilah musik yang memang diperuntukkan untuk kesenangan. Musik ini terkadang juga untuk menghibur seseorang saat duka maupun suka. Musik ini terkadang bisa untuk melengkapi pagelaran-pagelaran agar tidak monoton tapilan pentasnya sehingga penonton lebih semangat dan gembira. Misalkan saja pertunjukan wayang kulit, sekarang sudah ditambah dengan musik dan hal ini akan menambah gembiranya penonton. Tidak hanya nonton wayang namun juga bisa menikmati sajian musiknya. Contoh lagi adalah tari-tarian, jika hanya bergerak tanpa musik juga tidak bisa semangat.

Musik Kerohanian

Musik ini diciptakan untuk kebutuhan kerohanian atau keagamaan. Banyak umat kristiani melengkapi gereja dengan alat musik. Biasanya alat musik tersebut untuk mengiringi puji-pujian, bahkan untuk mengiringi tata ibadah di gereja. Sedangkan umat islam juga dikenal dengan musik religi yang memang lirik lagunya berisi tentang nasehat-nasehat agama, bahkan puji-pujian pada Nabi Muhammad dengan sholawatnya. pembacaan puji-pujian atas Nbi Muhammad biasanya diiringi dengan musik yang dinamakan musik Hadroh  semua musik itu memang diperuntukkan untuk kepentingan agamanya.

Musik Ilustrasi

Musik ini memang digunakan untuk objek berupa drama maupun film. Drama dan film tanpa soundtrack maka rasanya tidak lengkap. Bahkan untuk masuk dalam suasana film tersebut akan lebih mudah jika diiringi dengan musik. Para pemain film pun juga akan dibuat mampu memerankan karakter Tokoh baik Pilihan karakter tokoh Antagonis, Protagonis dan Tritagonis dengan sempurna. Maka wajib bagi movie maker dan pekerja diperfilman atau bekerja di dunia teater untuk memperhatikan hal ini. Tujuannya agar suasana pementasan menjadi lebih hidup dan luar biasa.

Musik Penyemangat

Musik penyemangat ini adalah musik yang dimainkan dengan tujuan menjadi penyemangat dalam setiap aktifitasnya. Misalnya saja musik perjuangan, Musik pesta olahraga yang tujuannya membangkitkan suasana agar lebih ceria. Musik ini memang untuk merangsang batin kita agar lebih kuat dan bersemangat. Zaman perang dahulu, musik genderang menjadi alat pokok yang menciptakan sengat perjuangan sehingga akan menumbuhkan semangat bertempur, semakin keras dan cepat tempo pukulannya maka akan semakin mendorong pasukan untuk bertempur lebih keras dan semangat. Demikianlah mengenai musik yang digolongkan sebagai musik berdasarkan jenisnya. Artikel ini biasa ditemukan dalam buku-buku kesenian pada kelas 8 SMP/MTs. sebagai materi utama seni musik pada SMP/MTs kelas Delapan semester genap. Semoga bermanfaat dan semoga kalian menjadi orang yang sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.