Kategori

Asesoris Tari Jaipong, Tari Saman, Tari Merak, Tari Gambyong, Tari Piring, Tari Bali, Tari Pendet

Diposkan oleh On 8:51 AM

Asesoris Tari Tradisional/Klasik seperti Tari Jaipong, Tari Saman, Tari Merak, Tari Gambyong, Tari Piring, Tari Bali, Tari Pendet, dan tari tari lainnya akan menjadi pembahasan tersendiri. Jangan heran jika kita akan melihat beberapa asesoris yang super mewah dan dengan bahan yang luar biasa.

Asesoris setiap jenis tari akan berbeda-beda. Tari Merak tentunya membutuhkan asesoris yang berhubungan dengan Tari Merak. Tari piring juga bakal membutuhkan sejumlah piring dipakai untuk asesoris. Namun pada umumnya seorang penari tidak lepas dari busana yang indah, dengan mahkota di atas kepala menambah berdebarnya penonton saat mengikuti pertunjukan tari tersebut.

Dalam seni tari, hal yang biasa wajib dipakai adalah selendang. Hampir setiap penari menggunakan asesoris utama yaitu selendang. Mahkota juga menjadi faktor utama yang dibutuhkan saat ada pertunjukan tari.

Mahkota untuk tari merak biasanya penari memakai mahkota dengan kepala burung merak yang biasa kita sebut "Siger" Jadi itu yang merupakan asesoris pokok Tari Merak. Hiasan Sanggul dibelakang mahkota yang biasa kita sebut "Garuda Mungkur". Garuda Mungkur artinya garuda yang menghadap kebelakang. Tambah lagi satu asesoris lagi "Susumpingan". Semacam anting-anting.

Sumber Gambar : dimazzart.blogspot.com

Dalam Tari Piring, asesoris penari piring tentunya menggunakan piring. Masalah busana biasanya disesuaikan dengan adat istiadat masing masing. Tidak ada pakem busananya. Namun tarian ini memang sangat terkenal di Sumatra Barat. Oleh karena itu biasanya pakaian atau busananya disesuaikan dengan busana sumatra barat. Apa tidak boleh kita menggunakan pakaian adat kita sendiri. Pakaian saya kira no problem namun untuk tariannya tentunya memiliki pakem tersendiri yang harus kita pelajari. Namun jika ingin menari menggunakan asesiris piring, kenapa tidak. Silahkan berkreasi dengan tari kraeasi yang anda ciptakan.

Sumber Gambar : Screen Shot Google Search Tari Piring

Tari bali tentu menggunakan perlengkapan yang hampir sama dengan tari-tari yang lainnya, namun untuk tari bali cenderung menggunakan kipas untuk asesorisnya. Tari bali juga menggunakan pakaian adat bali. Pelengkapan yang unik dan setiap daerah harus memiliki ciri khas sendiri sendiri untuk selalu menonjolkan keragaman budaya dan adat istiadat yang memiliki nilai seni tinggi.

Sumber Gambar : Screen shot Google search Tari Bali

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.