Kategori

Seni Rupa

Diposkan oleh On 1:01 AM

Seni rupa adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Seni rupa lebih menekankan pada bentuk, atau rupa. Seni rupa ini bisa dilihat, memiliki ukuran dan bisa disentuh atau diraba. Penekanan seni rupa terletak pada wujud benda. Benda yang indah yang dibuat dengan kemampuan diatas rata-rata.

Ukuran seni rupa terdiri dari ukuran panjang, lebar dan tinggi. Untuk ukuran panjang X lebar akan membentuk sebuah bidang datar. Sehingga dikatakan seni rupa dua dimensi. Untuk Ukuran panjang kali lebar kali tinggi (Panjang X Lebar X Tinggi) akan membentuk volume yang disebut dengan 3 dimensi.

Kesan dalam seni rupa tentunya akan mengolah konsep Titik, garis, bidang, bentuk, volume, tekstur, pencahayaan, warna dengan mengacu pada nilai estetika (nilai keindahan). Dari unsur seni rupa diatas bisa dimaknai bahwa titik yang bersambung akan membentuk garis, garis yang bersambung akan memebentuk bidang. Kemudian dari bidang-bidang tersebut akan digabung kembali sehingga menjadi bernetuk dan memiliki volume. Tekstur merupakan halus lembutnya sebuah permukaan bidang. Pencahayaan akan menimbulkan kesan 3 dimensi dan berkesan memiliki volume. Warna akan menentukan nilai estetikanya. Pembagian Warna inilah yang akan memunculkan berbagai macam warna yang tercipta, yang asal muasal warna adalah merah, biru, kuning (asli) ditambah warna hitam dan putih (netral).

Pembagian seni rupa berdasarkan fungsinya ada dua macam. Seni rupa murni dan seni rupa terapan. Namun jika berbicara manfaat seni rupa berdasarkan fungsi jugan manfaat seni rupa sekaligus. Manfaat seni rupa tentunya seputar kepuasan batin seniman, Kepuasan batin penikmat seni, sampai pada pelestarian nilai-nilai budaya dan ritual keagamaan. Ada manfaat lain saat menikmati seni rupa yaitu bisa untuk refreshing atau rekreasi. Kepenatan setelah seharian penuh melakukan kegiatan rutin maka mengunjungi pameran seni rupa maka akan mengendorkan urat syaraf yang kelelahan.

Seni Rupa untuk Kebutuhan fisik juga akan dipenuhi dengan benda-benda seni misalnya meja kursi, almari, pakaian. ini juga mengandalkan keindahan seni rupa. Tidak hanya indah, namun mereka juga butuh kenyamanan, keamanan.

Seni rupa bisa untuk Komunikasi dengan atau antar desainer dunia misalnya. Kita bisa memanfaatka internet sebagai media komunikasi. Dengan karya yang dihasilkan diharapkan mampu menyampaikan ide-ide yang cemerlang untuk perkembangan seni masa kini.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.