Kategori

Alat Musik

Diposkan oleh On 12:42 AM

Alat Musik menjadi sesuatu yang paling berharga untuk mengiringi sebuah lagu. Bahkan seseorang akan Kesulitan dalam Mengarang Lagu jika tidak menggunakan alat musik. Memang bisa saja seseorang mampu mengarang lagu tanpa alat musik. Karena memang sebenarnya bukan menjadi Syarat Dalam Mengarang Lagu. Namun alat musik ini akan menjadi penting dalam Mengaransemen Lagu. Mengaransemen lagu Tanpa alat musik, lantas bagaimana mewujudkan gubahan aransemen yang baru jika tidak ada lat musiknya. Bagaimana menentukan nadanya dan akornya, Tanpa alat musik susah sekali melewati langkah-langkah dalam mengaransemen lagu. Oleh karena itu Alat Musik menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Pengertian ALat Musik

Alat Musik adalah instrumen atau alat yang dengan sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik. Hasil dari adaptasi ini akan mampu berbunyi secara harmoni jika sudah dikolaborasikan dengan vokal seseorang. Alat musik ini akan mampu mendukung vokal seseorang dalam penyajian seni musik. Pada dasarnya, apa saja yang bisa menghasilan suara dengan nada-nada tertentu yang bisa dimainkan oleh pemusik/musisi sudah bisa dikatakan alat musik. Alat musik tadi secara khusus belum dikatakan sebagai alat yang dibuat dengan tujuan hanya untuk musik saja, namun alat musik ini terkadang muncul dari apa saja yang ada disekitar kita. Kemudian dimodifikasi sehingga tercipta alat musik yang diinginkan.
Alat Musik
Bentuk dan Bahan Alat Musik itu jelas berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada temuan-temuan para pencipta alat musik gitar misalnya. Selanjutnya alat musik tadi akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Ada Pengelompokan Alat Musik Berdasarkan Cara Membunyikannya, dan bisa juga pengelompokan Alat Musik berdasarkan Sumber Bunyinya. Alat musik ini yang tercipta dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Para musisi akan mengoleksi alat musik yang dibutuhkan saat mereka bernyanyi dan Mengarang lagu. Para musisi akan tergantung dengan alat tersebut dalam setiap tampilannya. Rasa percaya diri terkadang muncul dengan adanya kelengkapan alat musik. Bahkan belum dikatakan musisi jika belum mampu memainkan satu jenis alat musik. 
Alat musik bisa digunakan sebagai pendukung lagu yang dinyanyikan, namun tidsak sedikit yang menggunakan alat musik sebagai pendukung penampilan. Alat musik sebagai pendukung lagu berarti alat musik tersebut mengiringi lagu secara harmoni Sebagai unsur musiknya. Alat musik sebagai pendukung penampilan, ini berarti alat musik hanya sebagai asesoris, alat musik sebagai pemanis kostum saja, namun pura-pura dimainkan. Hal ini biasa terjadi pada penampilan musik yang sifatnya belum profesional. Berbeda dengan pemain musik profesional, semua alat benar-benar dimainkan untuk mendukung lagu. Bukan biar terlihat banyak dan megah, bukan karena untuk gaya saja namun alat-alat musik tersebut benar-benar dibutuhkan untuk mengiringi lagu.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.