Kategori

Penemu Gitar

Diposkan oleh On 1:39 AM

Gitar adalah alat musik yang cara membunyikannya dengan cara dipetik. Gitar memiliki sumber bunyi dari senar. Senar gitar berjumlah enam senar. Senar paling bawah dan paling atas adalah senar E string dan yang paling atas adalah senar E Bass. Gitar ini dibuat 1779 silam oleh Gaetano Vinaccia di Naples, Italia. Keluarga Vinaccia memang dikenal sebagai luthiers (pembuat senar) untuk alat musik mandolin. Mandolin sendiri ternyata nggak menunjukkan ada hubungan dengan gitar. Alat musik yang mirip-mirip gitar sebetulnya sudah ada sejak 5000 tahun lalu, di zaman kuno Asia Tengah. Ia muncul dalam bentuk ukiran kuno dan berasal dari Susa, ibu kota lama Iran. Alat itu dinamai kithara (bahasa Yunani), kemudian berubah menjadi guit, mirip bahasa Sansekerta yang berarti sangeet dan tar yang berarti cord atau string

Kata gitar, bisa jadi juga diambil dari bahasa Persia, Arab. Kata qitara adalah nama Arab untuk berbagai nama anggota keluarga kecapi, yang mendahului gitar. Di Spanyol, nama gitar pertama kali dikenal saat dibawa ke Iberia oleh bangsa Moor pada abad ke-10. Vihuela (gitar lama Spanyol) adalah bentuk peralihan antara gitar leluhur dan gitar modern, tapi berbodi kecil. Bentuk vihuela menjadi faktor pembeda antara gitar dengan kecapi. (www.firsada98.blogspot.com)

Sejarah gitar dipercaya dimulai di wilayah Timur Dekat. Di antara puing-puing yang di temukan di Babilonia, yang paling relevan adalah gitar yang dibuat pada 1900-1800 SM. Dari masa itu, hingga tahun 1650, gitar mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing memiliki nama yang berbeda. Beberapa kalangan berpendapat lain, menganggap gitar justru berasal dari negara Spanyol karena alat musik gitar mirip sama alat musik Spanyol yang bernama Vihuela yang beredar pada awal abad ke-16. Alat baru ini (gitar) mempunyai cara pembuatan yang sama dengan alat musik ukulele. Gitar pertama kali yang dibuat sebenarnya berukuran sangat kecil dan juga hanya memiliki empat dawai, seperti ukulele. Pada masa klasik banyak terdapat publikasi yang dilakukan oleh para pembuat lagu dan juga para pemusik. Seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, dan masih banyak para pencipta yang mengembangakan metode bermain gitar yang akhirnya menjadi permainan yang umum dan dapat diterima. (karl17.wordpress.com)

Pada Tahun 1946 seorang tukang servis radio dan perakit amplifier atau kita bisa sebut power amplifier yang bernama lengkap Clarence Leonidas Fender (10 Agustus 1909 – 21 Maret 1991) yang lebih dikenal dengan Leo Fender mendesain gitar solid bodi pertama yang sukses secara comersial dengan sebuah pickup magnetik yang diberi nama EsquireEsquire versi dua pickup disebut BroadcasterBeliau ini berasal dari Amerika dan meninggal di kalifornia.  Gretcsch juga mempunyai drumset yang dipasarkan dengan nama yang mirip "Broadkaster", sehingga Fender mengganti namanya menjadi Telecaster. Tahun 1954 Fender mengenalkan Fender Stratocaster atau Strat. Stratocaster terlihat lebih mewah dan menampilkan berbagai perbaikan dan inovasi melebihi Telecaster. Fender mengenalkan sebuah gitar bass elektrik yang dinamakan Fender Precision Bass pada tahun 1951 sampai 2012 (wikipedia.org)

Kalian tahu nggak bahwa gitar listrik awalnya didesain oleh seorang pembuat alat musik berupa gitar, beliau yang juga pencinta elektronika dan pabrikan alat-alat musik bernama Les Paul. Beliau mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan memakai tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation pada tahun 1932. Desain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, seorang ahli yang bekerja di Electro String Company. Kemudian Gitar baru tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaan. Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik adalah tahun 1932 oleh seorang gitaris ternama dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan atau menunjukkan kepada khalayak ramai berupa instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada tanggal 2 oktober 1932 dan tak pernah berhenti tampil pada bulan oktober. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style seperti Andy Iola pada awal tahun 1933. Alvino Rey adalah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yang lebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, kemudian mengembangkan gitar dengan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish kepada seorang pemuda yang bernama Charlie Christian yang membuat instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umum dikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa pengaruh yang besar ke dalam musik jazz sampai dekade selanjutnya. 

kapan perekaman pertama kali gitar listrik ini. Perekaman pertama gitar listrik spanish adalah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newman and His Boys sebuah band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd memakai gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine, Corrina". 

Pabrik-Pabrik Gitar

Penemu GitarRickenbacker pada tahun 1932
Dobro tahun 1933
NationalAudio Vox dan Volu-Ton tahun 1934
VegaEpiphone, dan Gibson tahun 1936, dan banyak lagi sejak tahun 1936. Ada yang tahu untuk pabrik gitar Listrik di Indonesia. Ternyata di Malang ada Pemproduksi gitar untuk artis papan atas beliau bernama Andi Oding. Alamat beliau di daerah perkampungan padat penduduk lainnya, menemukan rumah bernomor 178 di Jalan Brigjend Slamet Riyadi Gang VIII jelas bukan hal yang mudah. Karena itu, jalur cepatnya adalah bertanya kepada warga setempat. Untungnya, nama Andi Oding cukup ’tenar’ di kampungnya, kawasan Kelurahan Oro-Oro Dowo. Cukup dengan menyebutkan nama ’Andi Oding’, warga sana sudah pada tahu. 

Penemu Gitar
Miftachul Falaq, warga Mojokerto, Jawa Timur, tampilan gitar buatannya sekelas Fender Stratocaster, yang biasa digunakan Eric Clapton atau Jeff Beck. Dengan hanya menggunakan amplifier lokal gitar itu berhasil mengeluarkan suara yang menakjubkan karya Falaq cs memang dapat dipertanggung jawabkan.beliau ini pernah dipesan oleh Benny Panjaitan dari Panbers memesan satu gitar dengan tandatangannya dipatri di atasnya.

Gitar Genta diproduksi di daerah Bandung timur, tepatnya di kawasan Ujungberung KM 12,5 No. 69. 
Pabrik gitrar ini konon berdiri sejak 1959. Gitar yang diproduksi di sini adalah: ukulele, gitar akustik,gitar akustik listrik, serta gitar listrik. Adapun bahan yang digunakan terbuat dari kayu mahoni sertarose wood. 

Untuk masalah kualitas, gitar Genta tidak kalah dengan gitar impor. Adapun beberapa seniman musik yang menggunakan gitar Genta ini antara lain: Pretenders, BawungJabo, Virgiawan L., Mukti-Mukti, Micko, Ary Juliyant, Hari Pochang, Susilo Bambang Yudhoyono(sekarang Presiden RI), Tiwi Sakuhachi, Fery Curtis, Abah Iwan, Tim Palmieri, Steve Wilson, Nugie,Ireng Maulana, Pongki, Nugie, Anton Baret, Marta Topeng, dan banyak seniman lainnya.

Sejarah gitar Genta ini dimulai dari seorang bernama Ki Anong Naeni (empu gitar Bandung). Ia seorang ahli mekanik dan elektronik. ia bertemu dengan Raden Mahyar danmembuat gitar 17 fret (dibuat 3 buah). 

Versi instrumen yang paling dikenali saat ini adalah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini menghasilkan suara yang modern dan agresif. 

Perusahaan Audio Vox membuat dan mungkin sudah menawarkan gitar solid body di pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama di jenisnya.

Source :
http://firsada98.blogspot.com/2014/10/para-penemu-penemu-alat-musik.html#ixzz3pkrMBGCn
https://karl17.wordpress.com/2010/06/26/asal-muasal-penemu-penemu-gitar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gitar_listrik
http://radarmalang.co.id/andi-oding-pembuat-gitar-langganan-artis-papan-atas-tanah-air-8592.htm
http://v2.garudamagazine.com/department.php?id=170
http://www.academia.edu/4380082/Gitar_lokal

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.