Kategori

BAB 1 : (A) Ragam Hias Daerah Sebagai Perwujudan Budaya dan Karakter Bangsa

Diposkan oleh On 1:09 AM

1. Proses Perkembangan Seni Rupa

Yang namanya seni akan selalu berkembang setiap saat beriringnya perkembangan waktu, seni selau
berubah terutama seni rupa yang sampai saat ini memiliki berbagai keunikan keunikan. Sebelum berbicara mengenai karakter bangsa yang dipengaruhi seni maka kita akan melihat kurun waktu perkembangan seni rupa di Indonesia.
  1. Zaman Prasejarah : Ini adalah periode dimana seni primitif sudah ada. Contoh karya seni rupa berupa lukisan dan pahatan-pahatan yang ada di media apapun namun masih sangat sederhana. Hal ini terlihat dari pola geometrik, Manusia, Hewan dan tumbuh-tumbuhan. Dimana karya-karya primitif ini ditemukan? tentunya hal ini dapat ditemukan di Goa-goa, patung-patung, hasil kerajinan gerabah dan perunggu yang pembuatannya menggunakan alat-alat yang masih sederhana
  2. Zaman Tradisional : Pada masa ini sudah mulai ada pengaruh dari dunia sing sehingga seni sudah mulai berkembang. Pada abad ke 5 kebudayaan hindu budha. Contohnya candi, Stupa, pura, dan lain-lain. sudah mulai merasuki seni rupa di Indonesia. Pada abad ke 13 disusul kebudayaan Islam masuk ke Indonesia. contoh karya berupa bangunan masjid, kaligrafi dan lain-lain.
  3. Zaman Kontemporer : Pada periode kontemporer ini, seni rupa di Indonesia mulai mengenal yang namanya lukisan modern. Oleh karena itu pada masa ini dinamakan seni rupa baru. ini diawali sekita tahun 1810-an tokohnya adalah Raden Syarif Bustaman. Pada tahun 1880-an bermunculan pelukis-pelukis baru yang tergabung dalam mahzab Hindia Molek. HIndia Molek artinya sebuah aliran yang mengutamakan keindahan alam Indonesia. Pada tahun 1938 beberapa pelukis bergabung dan mendirikan Persagi (Persatuan AHli Gambar Indonesia). Tahun 1950 berdirilah ASRI (AKademi Seni Rupa Indonesia). dan pada tahun 1948 Balai pendidikan Universitas Guru Seni rupa yang sekarang menjadi ITB.

2. Sikap Aplikatif Terhadap Seni Rupa

Apakah anda tahu karya seni rupa yang ada dilingkungan kita, seperti patung-patung diperempatan, Lukisan-lukisan yang ada disekita kita. Bahkan Buku-buku kita penuh dengan gambar. Bahkan pakaian kita sendiri merupakan hasil karya seni rupa. Saya akan menggolongkan karya seni rupa. Berikut ini adalah golongan-golongan karya seni rupa berdasarkan Wujud dan Dimensinya.
  1. Seni Rupa Dua Dimensi (Dwimatra) : Adalah Sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang memiliki panjang dan lebar. Contoh : gambar dan Lukisan.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi (Trimatra) : Adalah Sebuah Karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang memiliki Panjang, lebar, dan tinggi. ATau kata lain meiliki Volume. COntoh : Gerabah, Mobil, patung termasuk relief candi-candi. dan lain-lain.
Golongan karya seni rupa Berdasarkan Fungsi dan Keguanaannya
  1. Karya Seni Rupa Murni : Sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang berfungsi untuk keindahan saja. Contoh : Lukisan, Kaligrafi, Patung
  2. Karya Seni Rupa Terapan : Sebuah Karya bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang tidak hanya untuk keindahan saja namun bisa
Sebagai generasi muda tugasnya adalah bersikap tanggung jawab
  1. Melestarikan seni rupa warisan leluhur kita, baik berupa seni murni maupun seni terapan.
  2. Bersikap santun dalam mengamati dan mengapresiasikan karya seni.
  3. Menjaga dan memelihara dengan sebaik-baiknya terhadap seni murni dan terapan.
Gambar : Hadisukirno.wordpress
Refferensi : LKS SBK
Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.