Kategori

Bab 1 : (B) Ragam Hias Daerah Sebagai Perwujudan Budaya dan Karakter Bangsa

Diposkan oleh On 8:44 PM

B. Menunjukkan Sikap Percaya Diri, Motivasi Internal, dan Kepedulian terhadap Lingkungan dalam berkarya seni.

Manusia adalah makhluk Sosial artinya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Artinya
bahwa manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lain. Manusia harus saling membantu antar sesama. Kita memiliki kelebihan sekaligus juga memiliki kekurangan. Begitu juga halnya orang lain juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kita harus saling menghargai dan saling membutuhkan.

Kebutuhan Hidup Manusia dibagi menjadi tiga golongan.
  1. Kebutuhan primer : kebutuhan manusia yang berkaitan dengan kebutuhan pangan, sandang (pakaian) dan Papan (perumahan atau tempat tinggal)
  2. Kebutuhan Sosial : kebutuhan kita yang berkaitan dengan manusia yang lain. Tolong menolong dan saling membantu antar sesama.
  3. Kebutuhan Integratif : Kebutuhan yang berkaitan dengan cita rasa keindahan. Manusia berfikir dan berkarya seni, Membuat lukisan, bernyanyi dan menari.
Kebutuhan manusia akan selalu diakitkan dengan beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan diantaranya adalah
  1. Manusia dan dirinya sendiri : Seni rupa memiliki tujuan untuk berekspresi diri artinya tanpa melihat dinilai atau tidak, disanjung atau tidak, Laku atau tidak, tanpa itu semua manusia akan selalu berkarya tanpa dicampuri tujuan tujuan lain. Manfaatnya adalah bakat tersalurkan, melatih diri untuk meningkatkan jam terbang. Tokoh seperti Afandi dengan Lukisannya "Potret Diri". Tokoh belanda Vincent Van Gogh. 
  2. Hubungan Manusia dengan Manusia Lain : Sebagai makhluk sosial senantiasa berhubungan dengan manusia lain untuk menjalin kekerabatan, persaudaraan, persahabatan, kerjasama, emosional, maupun hubungan sosial lainnya. Bahkan terkadang seorang seniman dalam mengekspresikan cita rasa keindahan sering menjadikan orang disekitarnya sebagai obyek lukisan.
  3. Hubungan Manusia dengan alam Sekitarnya : Alam yang ada disekitar manusia juga bisa dijadikan obyek gambar. Misalnya tumbuh-tumbuhan, pegunungan, sungai, danau, hutan pantai laut dan lain sebagainya.
  4. Manusia dengan Kegiatannya : Tentunya manusia akan melakukan aktifitas sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti bekerja di sawah : mencangkul, membajak. Misalnya lagi memancing disungai dan lain sebagainya.
  5. Manusia dengan ALam benda : Benda yang ada di sekitar kita seperti benda kubistis (contoh : Meja kursi, lemari, Televisi dan Lain-lain). benda Silindris (Kendi Teko Poci dan Lain-lain). Teknik membuat teko sebenarnya tinggal pakai sketsa.
  6. Hubungan Manusia dengan ALam Hayal : Terkadang manusia memiliki imajinasi yang sangat tinggi melalui khayalannya terkadang tercipta sebuah karya yang luar biasa. Mimpi-mimpinya diwujudkan dalam sebuah karya. Oleh karena itu terkadang kita melihat lukisan yang sepertinya di dunia fana ini tidak pernah ada wujudnya.
Demikianlah untuk sikap percaya diri, motivasi internal dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar melalui karya seni yang luarbiasa. mengenai kelanjutannya bisa melihat artikel terkaitnya.

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »