Kategori

Bab 1 : (C) Ragam Hias Daerah Sebagai Perwujudan Budaya dan Karakter Bangsa

Diposkan oleh On 11:00 PM

C. Memahami Konsep dan Prosedur Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam


Pengertian Menggambar

  1. Pengertian Menggambar adalah Aktifitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan pada media dua dimensi dan tiga dimensi.
  2. Pengertian menggambar adalah kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi dalam media dua dimensi dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
  3. Pengertian Menggambar adalah aktifitas menggoreskan tangan kedalam media berupa kanvas dengan cara menggabungkan unsur-unsur titik, garis, bidang, ruang, warna dan gelap terang.

Objek Menggambar

Menggambar itu tidak hanya melihat satu macam objek. Banyak sekali objek gambar yang bisa diaplikasikan dalam sebuah lukisan. Terkadang ada yang menggambar dengan menggunakan objek Flora (tumbuh-tumbuhan), Fauna (hewan) dan diambil dari imajinasi-imajinasi seorang seniman. Bisa lihat contoh teknik menggambar flora, fauna dan gambar benda

Komposisi

Komposisi dalam menggambar memang dapat dibedakan menjadi dua bentuk. Yaitu bentuk simetris dan asimetris. Komposisi simetris adalah objek yanga akan digambar memiliki proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama dan disusun sama. Komposisi Asimetris Jika objek gambar memiliki proporsi bentuk yang sama tetapi keseimbangan berbeda.

Teknik

Proses menggambar memang sebenarnya  dapat kita mulai dari yang paling sederhana dan sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara membuat sketsa terlebih dahulu agar gambar memiliki komposisi , proporsi dan keseimbangan yang baik. Oleh karena itu sebaiknya ikuti tahapan tahapan dalam menggambar sebagai berikut : 
  1. Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar
  2. Mengetahui bagian-bagian dari objek gambar
  3. Menyusun atau menyambung bagian perbagian menjadi gambar yang utuh
  4. Memberikan dimensi gelap dan terang baik hitam putih atau berwarna
  5. Memberi kesan untuk latar belakang.
Setelah mengetahui tahapan diatas tinggal mempraktekkan teknik membuat gambar Flora, Fauna dan Gambar Benda.

Alat dan Media Menggambar

Untuk menggambar jelas membutuhkan alat dan media. Alat akan sangat penting untuk menggoreskan segala imajinasi yang dimiliki seorang pelukis atau seniman. Media adalah tempat untuk menuangkan goresan-goresan seniman atau pelukis. Alat nantinya akan memiliki karakter yang berbeda-beda. Misalnya antara pensil dengan krayon akan memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Oleh karena itu nanti akan saya terangkan bagaimana menggambar menggunakan alat dan media tertentu.
  1. Pensil : Pensil dibedakan menjadi dua jenis yaitu dengan kode H dan B dan E. Misalnya Kode H, HB, B, 2B, 4B, 5B, 6B dan EE. Ini akan memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Semakin besar misalnya antara 2B dengan 6B maka 6B lebih tebal dibanding 2B. Anda juga bisa melihat ciri inti pensilnya memiliki diameter berbeda. Ini termasuk alat menggambar dengan kategori kering.
  2. Pensil Warna : Pensil warna persis seperti pensil diatas. Namun memiliki bervariasi warna. Lengkap dengan karakter arsir dan bersifat kering.
  3. Krayon : Krayon ini juga termasuk alat menggambar yang bersifat kering juga, namun berminyak. Jika menggambar menggunakan krayon maka harus dengan cara dussel alias diputar-putar agar warnanya tebal dan rata.
  4. Spidol : Spidol ada yang bersifat permanen dan ada yang tidak permanen. Bisa diisi ulang dan memiliki ketebalan luar biasa. Spidol ini termasuk bersifat basah, karena diisi dengan cairan tinta.
Ada beberapa Media yang sangat bagus untuk menggambar.. (dalam proses) ngantuk
Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.