Kategori

Nasi Sotong atau Cumi Kecil

Diposkan oleh On 10:36 PM

Nasi sotong orang pati menyebutnya, Sekedar Nasi dengan lauk sotong menjadi santapan lezat dan istimewa. Menu yang sangat cocok untuk makan siang ini membuat lidah kita tak ingin berhenti mengunyah dan merasakan nikmatnya Nasi Lauk Sotong. Makanan yang termasuk kategori sea food ini sudah menjadi salah satu dari sekian menu yang disajikan di Warung-warung makan di Pati. Maka sudah barang tentu warung besar dan sederhana rasanya kurang afdlol jika tidak memiliki menu ini. Memang saya sendiri belum menemukan warung dengan menu khusus sotong ini.

Sotong juga bisa disebut cumi kecil, karena pemberian nama dari sang penjual berbeda-beda, ada yang menyebutnya cumi ada pula yang bilang sotong. Bahkan ada yang menyebutnya Nus. Kalau dilihat dari bentuk tubuhnya sotong lebih kecil dan lonjong, namun cumi-cumi terlihat agak bulat. Nama kemungkinan penting namun kelezatan kuliner ini yang lebih penting. 

Mengenai Resep Memasaknya cukup Simpel.

Bahan :
  1. 5 Sotong kecil diameter 1 inci
  2. Cabe rawit 4 buah (tergantung selera)
  3. 2 Siung bawang putih (di potong tipis)
  4. 2 Siung bawang merah 
  5. Laos secukupnya
  6. Jahe sedikit
  7. 1/2 sendok teh Merica bubuk
  8. 1/2 sendok teh ketumbar secuku
  9. Garam secukupnya
  10. Gula pasir 1 sendok teh
  11. Penyedap rasa
Cara Memasaknya..
  1. Potong-potong sotong, ukuran sesuai selera, asal jangan terlalu besar agar nanti bumbunya meresap. Kemudian cuci sampai bersih. Namun jika ingin warna agak hitam jangan terlalu lama mencucinya.
  2. Setelah itu persiapkan bumbu yang dihaluskan, bawang merah, jahe, ketumbar garam dan gula pasir.
  3. Potong kecil-kecil bawang putih dan lombok. Untuk Laos bisa dimemarkan atau di potong agak besar biar tidak termakan nantinya. Fungsi Laos ini agar bau amis dalam masakan hilang.
  4. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi di Wajan. Masukkan potongan bawang putih, gula, merica bubuk, lombok, dan Laos tadi, Jika sudah harum baunya. Langkah terakhir adalah masukkan Sotong tadi ke Wajan. Jangan lupa penyedap rasa.
  5. Biasanya masakan ini sedikit berair jika ditumis. Namun akan asyik jika tambahi air sedikit, biar ada kuah lekatnya.
  6. Tunggu sampai matang, Maka masakan siap untuk disajikan. Jika suka makanan yang tidak terlalu matang, maka kurangi durasi memasaknya. Biasanya butuh waktu 10 sampai 15 menit untuk menghasilkan menu sotong siap santap.
Selamat mencoba! Semoga berhasil. Resep ini sudah kami uji puluhan kali dan menghasilkan kesimpulan ukuran resep yang pas dan mantab. Mohon maaf, resep ini memang untuk pecinta kuliner yang pedas. Namun jika ingin tidak pedas, atau pedasnya pas, maka bisa hilangkan cabe rawit. Kurangi jahe, Karena dengan merica sudah cukup pedas.



Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »