Kategori

Mie Bakso

Diposkan oleh On 12:38 AM

Mie Bakso adalah gabungan dari mie ayam dikasih pentolan bakso. Makanan yang tergolong bukan makanan pokok ini sudah sangat mampu membuat perut kita kenyang. Sebab porsi seperti ini bukan porsi biasa. Harganya pun juga luar biasa karena penggabungan mie ayam sama bakso. Makanan ini juga bukan tergolong sea food. Makanan jenis ini memang masuk kategori segeran. Artinya segeran itu hanya untuk mencari kesegaran baru karena jenuh memakan makanan pokok. Bakso ini ada yang mengatakan berasal dari  malang, wonogiri, dansolo tapi lahirnya dari china. Bakso itu asli tionghoa Indonesia, menurut wikipedia.org bakso berasal dari Bak-So yang artinya daging giling. Daging giling itu tentunya ada campurannya, yaitu daging dicampur dengan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, penyedap rasa garam dan sedikit tepung. Mengenai dagingnya sendiri boleh menggunakan daging sapi dan daging ayam. Namun bagi non muslim bisa dengan menggunakan daging babi dan lain-lain. Namun umumnya menggunakan daging sapi. Kelebihan daging sapi baunya sedap, beda dibanding daging kambing. Untuk mendapatkan pentolan bakso yang murah maka daging sapi bisa diganti dengan daging ayam. Banyak penjual sekarang ini menggunakan daging ayam.

Ciri-ciri bakso yang bagus dan tidak tercampur dengan borax adalah tidak terlalu kenyal, tidak tahan lama. Dan warnanya juga tidak terlalu putih. Informasi ini kami dapat dari penjual bakso keliling didesa kami. Dia mengatakan bahwa kalau bakso menggunakan borax maka jika dilempar ke lantai seperti bola kasti. atau istilah beliau (jawa: mental koyok bal).

Untuk Mie ayam, tentunya mie yang direbus dengan berbagai macam bumbu dicampur dengan kaldu ayam dengan kecap yang lekat. Asesoris seperti loncang dan daun sawi menjadi pelengkap utama sajian ini. Ditambah lagi dengan acar akan menciptakan tampilan lebih mantab.

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »