Kategori

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT CEPAT Kab. Pati

Diposkan oleh On 9:11 PM

Cara memperpanjang pajak kendaraan di SAMSAT Cepat sebenarnya mudah dan cepat apalagi disamsat Cepat. Samsat Cepat dipakai dalam istilah membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara lebih cepat daripada yang reguler atau seperti biasanya, yang harus melewati beberapa Pos  mulai dari fotocopy kemudian masuk pada pendaftaran lalu menuju ke pos 1 cek kelengkapan surat-surat kemudian diberi nomor urut lalu nunggu formulir diproses setelah itu akan dipanggil di Pos atau loket pembayaran sesuai dengan nomor yang telah diberikan di Pos 1 atau loket cek kelengkapan, setelah membayar maka nunggu lagi hingga proses benar-benar selesai, nanti akan dipanggil oleh petugas pada loket penyerahan STNK. Siapkan uang seribu sampai 2 ribu untuk membeli plastik pengaman STNK. lalu proses selesai. 

Namun Jika ganti plat nomor, maka harus menuju ke loket pembuatan plat nomor, tanya saja pada petugas. Gampang Tanpa CALO. Jadi tidak perlu ke Calo, Bayar sendiri dan lakukan sendiri, anda akan dibantu oleh petugas Samsat untuk prosedurnya, jika masih kesulitan tanya langsung pada petugas. Jika kalian mau mebayar pajak tanpa Calo akan dilayani dengan sepenuh hati dan lebih cepat, bahkan konon ceritanya, kalau lewat calo disamping biaya lebih mahal juga prosesnya lebih lama. Kalau biasanya normal 20 sampai 30 Menit maka dengan jasa para CALO justru bisa sampai 1 hari bahkan sampai 3 hari. Ribet kan lewat Calo. Lebih baik dilakukan sendiri saja. Dan ada pula alternatif lain yaitu dengan samsat cepat. Prosedurnya sebagai berikut: 
  • Datang aja ke POS Samsat Cepat DuluTidak perlu FotoCopy, namun sekarang ada sedikit perubahan membawa KTP asli dan FOTO COPY KTP, STNK ASLI, BPKB ASLIberes. Langsung saja ke loket Pendaftaran. 

Persyaratan Yang sekarang

Persyarata yang dahulu

  • Masukkan ke loket, nanti akan di cek, sudah terdaftar di OnLine apa belum, kalau belum maka surat-surat anda akan dikembalikan, dan anda harus membayara pajak lewat prosedur secara biasa. Ada beberapa hal yang menyebabkan ditolaknya membayar pajak lewat Samsat Cepat yaitu : Kendaraan Plat Merah dan Kuning, Kendaraan Luar daerah, pajak Kendaraan yang terlambat lebih dari 5 bulan, Kendaraan Baru, Kendaraan dinas atau atas nama instansi, kesalahan sistem. Oleh karena itu jika antrian nanti panjang lebih baik tanya dulu kendaraan tahun berapa yang bisa diproses di Samsat cepat, tanyakan itu pada petugas pendaftar.   
  • Setelah disetujui di loket pendaftaran maka langsung tunggu di loket Pembayaran, selesai deh. jangan lupa siapkan uang seribu atau 2 ribu untuk membeli plastik pengaman STNK.

  • Selesai...! Jika tidak antri hanya butuh waktu kurang lebih 5 Menit. Namun biasanya di Pati buka samsat cepat dari jam 9 atau jam 10 sampai jam 12 siang.

    Beberapa Dokumen pendukung di Samsat Cepat 



    Mekanisme Pelayanan Samsat Cepat PATI

    Jika Kebetulan antre ya musti sabar, Bisa anda hitung waktunya jika 1 orang butuh 3 menit maka 10 orang butuh 30 Menit. Piye...? tapi terkadang ada motor-motor baru yang ikut antre, Ya lewat aja. Heee hee.


    Kalau pas antrenya banyak ya musti nunggu ja. yang sabar yo, entar dikasih kursi atau bangku untuk antre, jadi nggak perlu antre dengan berdiri.



    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »