Kategori

Perlengkapan Ruang Pameran

Diposkan oleh On 7:00 AM

Pada mapel seni budaya kali ini kita akan membicarakan kelangapan ruang pameran, yang biasa dilaksanakan di sekolah maupun umum. Namun untuk kali ini kita akan mengupas perlengkapan ruang pameran disekolah agar pembahasan fokus pada sekolah. Sebenarnya pengertian perlengkapan adalah, apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah kegiatan. Termasuk juga denah ruang pameran.

Perlengkapan

Perlengkapan seperti halnya perlengkapan sholat, seperti sajadah, mukena, songkok dan lain lain adalah hal wajib yang harus ada dalam kegiatan ibadah sholat. Namun mengenai bentuk sajadah, mukena terkadang beda, beda mukena beda warna dan ukuran.

Perlengkapan ruang pameran di sekolah

Perlengkapan ruang pameran di sekolah adalah kelengkapan yang harus ada untuk menunjang kegiatan pameran, walau terkadang tidak seperti yang diharapakan alias apa adanya karena keterbatasan untuk membeli perlengkapan, misalnya saja sketsel, maka yang digunakan mungkin sekedar triplek atau tembok untuk sketsel, misal level untuk pemjangan karya 3 dimensi, bisa digantikan meja dan lain sebagainya, namun idel perlengkapan ruang pameran akan kita bahas disini, dan kemudian bisa digantikan dengan perlengkapan lain yang memiliki fungsi sama yang tersedia di lingkungan sekitar sekolah atau madrasah.

Perlengkapan ruang pameran sebagai berikut:

  1. Gedung, untuk pameran yang diadakan dalam ruangan atau indor, maka gedung menjadi bagunan wajib, dan terkadang bisa digantikan dengan deklit atau terop, namun jika disekolah bisa digantrikan dengan ruang kelas.
  2. meja tamu adalah meja khusus yang memang fungsinya untuk meletakkan buku tamu, siapa saja yang akan berkunjung. Dalam hal ini bisa digantikan dengan bangku sekolah.
  3. Kursi pelengkap meja tamu.
  4. sketsel yang berfungsi untuk pemajangan karya 2 dimensi, untuk disekolah bisa memanfaatkan tembnok untuk pemasangan karya 2 dimensi seperti lukisan dan kaligrafi.
  5. Level adalah stepo untuk pemajangan karya 3 dimensi seperti patung, patung dada torso dan lain sebagainya, untuk disekolah bisa digantikan dengan tempat sampah yang dibalik, atau juga bisa menggunakan meja atau bangku sekolah.
  6. Meja besar untuk meletakkan karya seni kriya atau karya kerajinan tangan, namun di sekolah bisa memaqnfaatkan bangku sekolah.
  7. Spot light, adalah l;ampu khusu untuk menyorot karya, baik 2 dimendi, 3 dimensi maupun kerajinan tangan, sehingga karya terlihat jelas dan bagus., namun bisa digantikan dengan lampu belajar atau lampu biasa.

Perlengklapan tambahan atau pelengkap sehingga ini terkadang penting diantaranya adalah:

  1. Jam dinding, biasanya dalam ruang pameran tidak dilengkapi dengan jam di9dnding sebab saat ini jam selalu ada di ponsel masing-masing pengunjung, jadi dipandang tidak perlu.
  2. sound system yang difungsikan untuk sarana informasi dan juga bisa sebagai musik pengiring saat pameran berlangsung.
  3. tempat sampah, demikian penting demi menjaga kebersihan ruang pameran, perlu diadakan tempat sampah, biar pengunjung yang ingin membuang tisu atau yang lain tidak p[erlu keluar ruang pameran.
  4. Tanda arah, ini penting agar pengunjung bisa dengan tertib keluar masuk sesuai dengan alur yang telah ditentukan yang sesuai dengan denah ruang pameran.
  5. Kotak saran, sekiranya ini penting dan bisa menjadi masukan atas karya yang kita pamerkan sehingga karya kita akan lebih baik.
  6. Dalam masa pandemi corona virus maka perlengkapan seperti termogun, masker, hansanitizer, dan tempat cuci tangan menjadi perlengkapan wajib, tetap jaga jarak untuk menghindari penyebaran virus corona.

Demikian ulasan mengenai perlengkapan ruang pameran semoga ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi waji9b bagi setiap guru dan murid dalam mengenyam pendidikan seni budaya.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.