Kategori

Seni Sebagai Media Sosial

Diposkan oleh On 7:44 AM

Seni Sebagai Media Sosial
Berbicara seni adalah berbicara tentang keindahan. Seni atau pengertian seni adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa. Media sosial adalah media bermasyarakat, dalam hubungannya dengan amaliah seseorang saat mengadakan komunikasi dengan masyarakat secara umum.

Sebelum berbicara tentang seni sebagai media sosial, ada hal yang sangat mendasar yang perlu kita kuasai materinya dan kemudian kita praktekkan ilmunya. Yaitu kita harus memposisikan diri sebagai ruang. Bukan pengisi ruang. Artinya kita memiliki pandangan yang sangat luas terhadap apapun dan siapapun. Memiliki kelapangan dada dalam setiap menghadapi persoalan sosial. Dan diberikan izzah atau rasa kasihan ora mentolonan dengan siapapun.

Ruang artinya kita bisa menerima siapapun dalam keadaan apapun. Kita bisa menerima siapapun walaupun beda usia, beda profesi dan beda keyakinan sekalipun. Asalkan demi perdamaian dan kemaslahatan ummat maka kita akan selalu bertoleransi.

Secara teoritis memang sulit untuk dijelaskan namu prakteknya sangat simpel. Baiklah saya mencoba membuat materi ini lebih simpel. Apa yang harus kita lakukan supaya bisa menjadi ruang yang ideal.

  1. Baik dengan siapapun.
  2. Tidak mudah marah dan benci dengan seseorang
  3. Jika difitnah tidak bereaksi apapun 
  4. Siap menerima pendapat dari siapapun
  5. Tidak mudah menyerah
  6. Memiliki sifat lemah lembut
  7. Sejuk hatinya
  8. Tidak mudah terprofokasi
  9. Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
  10. Ikhlas
  11. Membuat orang lain nyaman
  12. Sebagai motivator
  13. Lebih suka mencintasi dan mengasihi tanpa mengharap imbalan kasih dan sayang.
Itu semua yang kami cantumkan diatas adalah cara mudah memahami materi tentang ruang.

Seni Sebagai Media Sosial

Modal dasar sudah kita miliki, sekarang tinggal kita olah dalam kehidupan sosial. Kita lihat kanjeng Sunan kalijogo yang mati-matian mnyebarkan agama dengan cara membuat wayang dan menyisipkan agama dalam dakwahnya menggunakan media wayang. Wayang adalah bagian dari kesenian yang selain berfungsi untuk hiburan saja (murni) namun pada kenyataanya mampu merubah keyakinan dan jiwa seseorang.

Selain itu ada yang menggunakan seni sebagai daya tarik dalam beriklan. Menyampaikan dagangannya agar laku dalam masyarakat. Dengan menggunakan seni itu masyarakat tanpa sadar masuk dalam dunia seni tersebut sehingga tinggal mensisipi kegiatannya, atau materinya dengan seni tersebut.

Masyarakat akan lebih bisa tertarik untuk srawung dan berkomunikasi dengan kita dengan nyaman akibat pengelolaan seni yang cerdas dan mampu menciptakan keindahan yang lebih luas.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »