Kategori

Pengertian Batik dan Jenisnya

Diposkan oleh On 9:56 PM

Pengertian Batik dan Jenisnya
Batik Bakaran Pati
Pengertian batik dapat anda simak dalam artikel ini. Banyak sekali orang yang menyukai warisan budaya leluhur yang sampai saat ini tidak  pernah padam. Oleh karena itu kita harus selalu melestarikan budaya ini.

Batik adalah gambar hias atau lukisan ekspresif pada kain yang dibuat dari bahan lilin (malam) dan pewarna Napthol emnggunakan alat canting dengan teknik rekalatar. Membatik adalah kegiatan mewarnai kain dengan membuat motif tertentu dan diproses melalui pelilinan dengan teknik tutup celum dengan alat canting.

Ada beberapa jenis batik diantaranya adalah:

Batik Tulis

Batik tulis dibuat dengan cara manual artinya seseorang atau pembatik melukiskan cairan malam pada kain sesuai dengan motif yang digambar satu persatu. Makanya untuk batik tulis ini harganya lebih mahal, karena prosesnya yang lumayan lama.

Batik cetak

Batik cetak itu prosesnya sama yaitu tutup celup namun untuk menggoreskan malam tidak menggunakan canting tapi menggunakan alat cap seperti stempel. Nah untuk stempel sendiri ada yang masih tradisional, bukan menggunakan mesin. Biasanya kalau skup besar atau jumlahnya besar maka biasanya menggunakan cetak yang dijalankan dengan mesin.

Batik Motif

Ragam hias atau motif batik susunan pola hias yang menggunakan susunan hias dengan kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidangsehingga tercipta bentuk yang indah.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Bang Ravi email apa wa ada bang ? Mo nanya nih...

Bang Ravi email apa wa ada bang ? Mo nanya nih...