Kategori

Pengelolaan dan Penataan Pameran

Diposkan oleh On 11:11 PM


Pengelolaan dan Penataan Pameran
Pengertian pengelolaan pameran adalah suatu kegiatan mengatur, mengawasi dan bekerja sama untuk kelancaran kegiatan pameran. Kegiatannya sebagai berikut:

Pendaftaran dan pemilihan karya

Dalam pendaftaran tersebut harus menyetorkan data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pameran diantaranya adalah, nama pemilik karya, atau seniman yang berkarya, ada judul karya, ukuran karya, bahan yang dipakai untuk karya tersebut, bahkan sampai pada harga. Data ini nantinya akan dipakai dalam melengkapi katalog. Data ini juga akan dipakai untuk mengelompokkan karya berdasarkan jenisnya. Dalam hal ini, seorang seniman harus benar-benar jujur, jangan mengatakan kalau bahannya dari bahan A, tapi ternyata yang dipakai adalah bahan B yang lebih jelek kualitas nya.

Pengadaan perlengkapan pameran

Hal yang tidak kalah penting adalah pengadaan perlengkapan pameran. Apa saja yang akan dibutuhkan dalam pameran. Harus benar-benar dicermati jangan sampai ada yang tertinggal. Mengenai perlengkapan pameran, selengkapnya dalam artikel Perlengkapan Ruang Pameran danFungsinya.

Penataan Ruang dan Karya

Penataan ruang menjadi tugas seksi dekorasi dengan dibantu seksi pengumpulan karya dan seksi perlengkapan. Dalam hal ini yang diprioritaskan adalah keindahan interior. Jangan sampai pengunjung dibuat kecewa karena ruang yang kurang indah. Pemajangan karya harus diatur tepat, komposisi karya juga didesain sedemikian rupa. Sudut pandang pengunjung terhadap karya yang dipasang juga harus diperhatikan, dilengkapi dengan nama seniman yang membuat karya serta harga kalau perlu jika dikomersilkan pada setiap karya yang dipajang. Penerangan yang cukup menjadi pertimbangan. Hal-hal yangharus diperhatikan dalam penataan karya seni rupa menjadi sangat penting jangan sampai salah dalam menata karya seni rupa. 

Lagi-lagi akan berbicara mengenai penyusunan karya didasarkan pada jenisnya, misalnya lukisan, kaligrafi, bahkan sampai pada pembedaan ruang antara seni rupa dengan seni kriya.
Ukuran karya menjadi pertimbangan spesial, bagaimana karya yang sudah tersusun akan lebih enak dipandang oleh pengunjung.  Dinamika penyusunan karya berdasarkan ukuran akan menciptakan kesan tidak membosankan. Maka jangan sampai karya dipajang melebihi tinggi rata-rata pengunjung, agar pengunjung tidak terlalu mendongak ketika melihat karya yang sedang dipamerkan.

Ingat sekali lagi, karya 2 dimensi bisa dipasang pada dinding dan papan Panil atau sering kita sebut sketsel. Dan untuk karya 3 dimensi kita letakkan di atas level dengan ukuran yang disesuaikan dengan karya yang akan diletakkan. Level bisa diartikan meja untuk meletakkan karya 3 dimensi.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.