Kategori

Kerajinan Batik

Diposkan oleh On 5:46 PM

Kerajinan Batik sudah menjadi warisan budaya leluhur bangsa indonesia terutama di daerah Jawa. Membatik menjadi aktifitas seni rutin sehari-hari yang ternyata mampu mendatangkan pundi-pundi uang. Dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat dari tahun ke tahun.

Antusiasme masyarakat dalam membatik diawali dengan keinginan untuk berekspresi menerapkan ilmu seninya dalam membatik. Lambat laun hal ini menjadi kegiatan komersil yang menjanjikan. Tinggal bagaimana strategi bisnis yang mumpuni demi suksesnya pemasaran yang ideal.

Membatik jika ditekuni dengan serius akan mampu mendongkrak popularitas di kancah internasional. Terbukti bahwa batik menjadi incaran wisatawan asing yang sedang mengunjungi tempat-tempat exsotik di Indonesia. Wisatawan bisa menikmati sajian pemandangan alam yang luar biasa, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas daerah dan juga dapat memperoleh berbagai kerajian lokal yang fenomenal. Dan salah satunya batik.

BATIK

Kerajinan batik di Indonesia berkaitan dengan perkembangan Kerajaan Majapahit, dan kerajaan-kerajkan setelah Majapahit. Batik menjadi pakaian khusus para penghuni kerajaan. Yang memang saat itu telah dinobatkan untuk pakaian khas kerajaan dengan berbagai macam bentuk serta simbol-simbol yang ditampilkan melalui coraknya. Artinya, untuk corak batik untuk Raja, Kesatria, Rakyat jelata memiliki ciri khas berbeda-beda.

Cara membuat batik secara ringkas saya jelaskan, yaitu seorang dengan perlengkapan membatiknya, atau dengan peralatan membatiknya, kemudian melukiskan oranamen-oranamen dengan menggunakan canting diatas Bahan membatik kain dengan bahan lilin yang dipanaskan, sebelumnya dibuat pola agar mudah untuk dibuatnya.

Berbagai daerah penghasil batik yang populer di Indonesia akan mewarnai corak, warna, gaya serta ornamen yang digunakan dalam melukis batik, serta teknik pembiatannya. Selain manual denga n tangan sendiri, ternyata batik juga bisa dibuat dengan bantuan mesin seperti batik tulis mesin dibawah naungan industri pakaian model batik. Hal ini akan memunculkan keragaman hasil karya batik dengan beragam corak dan warna. Masing-masing daerah memiliki corak tersendiri.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.