Kategori

Jolen atau Maket Rumah Minimalis

Diposkan oleh On 12:37 AM

Jolen atau Maket Rumah Minimalis
Didaerah kami menyebutnya Jolen. Sebenarnya maket rumah ini dulunya dipakai untuk kelengkapan asesories lamaran untuk pernikahan. Dulu maket rumah ini dibuat dari bahan yang ada disekitar kita, misalnya pohon bambu, atau apapun yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerangkanya, kemudian tembok penutupnya menggunakan kertas minyak atau kertas yang dipakai untuk membuat layang-layang. Namun seiring berjalannya waktu saya terinspirasi untuk membuat maket rumah untuk kelengkapan pernikahan menggunakan bahan sterofoam. Ternyata hasilnya lebih bagus.

Pebedaan maket dulu dengan sekarang dengan bahan sterofoam adalah, kalau dulu dalam jolen / maket itu diisi dengan makanan atau jajanan untuk saserahan, namun sekarang jolennya kosong. Karena untuk jajan dimasukkan ke dalam baskom atau kardus atau baki spesial untuk lamaran. Dan Maket dari sterofoam tadi utuh dan bisa untuk kenang-kenangan dirumah mempelai wanita.

Untuk meletakkan jolen tersebut bisa diatas sudut ruangan kamar pengantin. Ini menandakan kalau disana anak perempuannya sudah dinikai oleh orang lain.

Jolen menjadi budaya di daerah kami yang memiliki simbol cita-cita untuk memiliki rumah sendiri kelak agar bisa hidup mandiri. Terkadang ini menjadi inspirasi untuk bersemangat dalam bekerja agar bisa mengumpulkan uang untuk hidup dimasa depan.

Jika mau pesen terima bersih cara pemesanan disini.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.