Kategori

Format Program Kerja dan Rencana Kerja Panitia Pameran Seni Rupa

Diposkan oleh On 9:03 PM

Dalam sebuah kepanitiaan tidak hanya membentuk sebuah panitia. Tapi setelah terbentuk panitia maka langkah selanjutnya membuat program kerja dan rencana Kerja. Semuanya yang akan dilakukan harus ditulis dan apa yang telah dilakukan tetap harus ditulis. Dengan demikian memudahkan bagi panitia untuk melangkah menyelesaikan kegiatan demi kegiatan. Jika kita tidak memiliki program kerja, maka secara administrasi juga tidak lengkap, untuk melangkah itupun menjadi bingung. Bingung apa yang harus dilakukan dan dikerjakan.

Dalam kepengurusan OSIS Misalnya juga harus memiliki Program kerja, dalam kepanitiaan juga butuh program kerja, bahkan dalam setiap kegiatan dan kehidupan juga harus memiliki program kerja. Dalam hidup kita sebenarnya juga harus memiliki program kerja. Apalagi maqom kita adalah maqom kasab (bekerja). Artinya kita sehari-hari akan disibukkan dengan bekerja. Alangkah baiknya kita hidup memiliki program dan rencana kerja.

Program kerja adalah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurun waktu tertentu. Program kerja memang bisa tahunan, bisa bulanan dan bisa mingguan, bahkan harian. Tergantung kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal ini akan mempengaruhi juga rencana kerja. Sebab rencana kerja adalah aplikasi secara teknis terhadap program kerja yang telah disusun. Namun untuk rencana kerja cenderung membahas waktu pelaksanaan.

Format Program kerja bisa berbentuk uraian dan juga bisa berbentuk tabel. Namun secara umum mengenai program kerja berbentuk tabel. Berikut isi kolom yang dibutuhkan dalam program kerja dalam hal ini pameran seni rupa; Ini akan kami contohkan 1 program yaitu RAPAT PERDANA

  1. Nomor : Berisi jumlah program yang akan kita lakukan. misal 1, 2, 3, dst...
  2. Tujuan : Berisi tentang program-program yang akan kita laksanakan. Misal: Rapat pertama
  3. Sasaran : Berisi tentang target yang akan dicapai. misal: Membagi tugas dan tanggung jawab kepanitiaan
  4. Kegiatan : Bentuk kegiatan yang akan dilakukan. Misal: Diskusi dan musyawarah
  5. Indikator Keberhasilan : Bukti kegiatan kita dikatakan berhasil. Misal: Daftar penanggung jawab masing-masing panitia.
  6. Penanggungjawab : Siapa yang diberi tanggung jawab. Misalnya: Ketua Panitia
  7. Batas Waktu : Deadline atau hari tanggal kegiatan harus sudah selesai. Misalnya: Minggu Pertama
  8. Proses M dan E : Proses Monitoring dan Evaluasi. Biasanya ini jarang dilakukan apakah kegiatan kita sudah mendapat persetujuan dari pihak yang bersangkutan, misalnya yang melakukan proses ini adalah pembina seni rupa atau bisa juga kepala madrasah selaku penanggungjawab seluruh kegiatan.
  9. Sumber Daya : Adalah hal apapun yang mendukung kegiatan ini. Misal : ATK (Alat Tulis Kantor). White board. dan lain-lain.
  10. Keterangan : Hal-hal yang berisi tentang apapun yang belum tercantum di kolom-kolom diatas. Misalnya: Jumlah penanggungjawab, nama penanggungjawab.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.