Kategori

Seni Teater

Diposkan oleh On 7:29 PM

Seni Teater adalah sebuah karya bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang disajikan dengan bermain peran, atau memperagakan tokoh tertentu untuk mendapatkan apresiasi.
Seni teater mencakup seluruh cabang seni, mulai dari Seni Rupa yang diwujudkan dengan make-up, costum, kemudian melibatkan seni Musik sebagai iringan serta olah vokal untuk menyampaikan isi cerita, dan juga melibatkan Seni Tari yang nantinya akan dikonsentrasikan pada olah gerak berupa wiraga, wirasa yang mendukung penokohan yang dimaksudkan.

Dalam blog ini memang akan mengarahkan pembaca setia blog a agar senantiasa mendapatkan ilmu, walaupun singkat tetapi bermanfaat. Orientasi saya adalah pembaca setia selanjutnya akan menindaklanjuti gambaran yang didapat, kemudian akan mencari referensi yang lebih banyak di Dunia Maya.

Seni Teater mencakup keseluruhan. Orang yang terjun dalam dunia teater harus mampu menguasai semua cabang seni. Hal ini dimaksudkan akan membuat seseorang mampu memerankan tokoh secara maksimal. Bahkan jika seseorang tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa, maka akan mampu berkarya secara maksimal. Memberikan pertunjukan Teater yang luar biasa.

Teater itu memang seni peran, namun harus dibedakan dengan ber-akting di depan kamera dengan kelengkapan yang serba lengkap, teater hanya dengan perlengkapan yang sederhana harus bermain peran dengan baik. Teater tidak ada pengulangan jika terjadi kesalahan pengucapan atau kesalahan peran. Maka didalam teater harus memiliki kemampuan berimprovisasi. Jangan sampai kesalahan itu terlihat. Contoh saja: Jika orang memanggil ibunya dengan sebutan Ayah, bagaimana mengatasinya? maka harus disesuaikan dengan konteks cerita yang dibawakan. Yang menjadi ibu ketika dipanggil ayah juga harus tanggap dengan melontarkan pertanyaan balik " Kenapa engkau memanggil ayah nak? apakah engkau kangen dengan ayahmu?". kemudian anak menjawab "Iya bu". Selanjutnya ibu akan mengembalikan pada teks yang awal,"Sudahlah nak, do'akan saja ayahmu agar dia bisa berhasil disana". kemudian anak kembali dengan memanggil Ibu. "Ibu....." dan seterusnya. melanjutkan teks yang tertulis.

Diatas tadi adalah salah satu improvisasi sederhana. Hal ini butuh kerja sama antar pemain, harus saling mengerti dan saling berimprovisasi. Maka disini kesulitan teater, jika sudah manggung dan terjadi kesalahan, maka harus melakukan improvisasi dengan baik dan sempurna.

Demikianlah pengertian tentang teater, jika kalian menanyakan apa sih pengertian Seni Teater itu. Maka sudah kami jawab secara singkat namun bermanfaat. Seni Teater menjadi kesukaan siswa, karena sekarang media seperti camera sudah banyak ditemukan dan digunakan, sehingga karya-karya siswa bisa didokumentasika.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.