Kategori

Pedoman Olah Vokal Atau Olah Suara

Diposkan oleh On 8:37 AM

Perlu kita pelajari pedoman olah vokal atau bisa kita katakan olah suara. Karena untuk menemukan latihan yang tepat dalam olah vokal atau pun suara butuh pedoman-pedoman yang bisa dijadikan acuan untuk pemula yang baru mempelajari vokal atau pun suara agar dalam penampilan teater nanti bisa maksimal dengan artikulasi yang sangat jelas.

Sebagaimana latihan olah tubuh, kita butuh pemanasan terlebih dahulu, jangan langsung teriak atau hal lain yang sekiranya akan mengganggu pita suara. Dilakukan pemanasan saat olah vokal dengan tujuan agar otot-otot organ produksi suara bisa kendor. Cara latihan olah vokal dengan cara senam wajah, senam lidah dan senam rahang. Senam wajah cukup dengan membuka mulut selebar-lebarnya dengan melakukannya berulang kali. Cara senam Lidah bagaimana? tentunya dengan cara menjulurkan lidah, namun jangan sampai dilihat orang, nanti dikira gila, he,,, he,,,. Selanjutnya bagaimana senam Rahang, cara senam rahang itu membuka mulut kemudian menggeser rahang ke kanan dan ke kiri, kemudian membuka mulut selebar-lebarnya. Itulah cara senam Muka atau Wajah, senam Lidah dan senam rahang dalam latihan olah vokal.

Pedoman Olah Suara Sebagai Berikut :

  1. Konsentrasi dan sadar pada pekerjaan. Ini akan memicu ingatanmu.
  2. Latihan dilakukan dengan santai tapi serius. Bersabarlah, lakukan latihan secara berulang-ulang agar kita benar-benar menguasai teknik olah vokal dengan benar.
  3. Hindari ketegangan, dan lakukan sesuatu tanpa adanya rekayasa. Lakukan dengan wajar, dan alami. Apalagi suaranya dibuat-buat.
  4. Jangan terburu-buru dalam latihan, biarkan otot berjalan secara alami. Jika lelah maka lebih baik istirahat dulu kemudian jika sudah pulih, kita bisa melanjutkan latihannya. Tidak usah terlalu lama dalam latihan. Namun yang terpenting latihan rutin, disiplin, istiqomah dalam berlatih.
  5. Latihan tidak boleh dilakukan tanpa melalui tahap tahap tertentu. Seseorang harus melalui tahap olah tempo dengan baik, mulai tempo lambat, tempo sedang dan tempo Cepat.
Lima Perdoman yang harus dijaga agar tampilan kita nanti maksimal. Tidak hanya menyanyi saja namun bermain teater jiuga dibutuhkan suara yang bagus dan maksimal. Semoga dengan mengetahui pedoman Olah Vokal atau olah suara, maka harapannya jangan sampai keluar dari pedoman tersebut.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.