Kategori

Tari Kreasi Baru (Tari Modern)

Diposkan oleh On 10:53 PM

Tari kreasi baru juga merupakan pembagian tari berdasarkan jenisnya. Tari Kreasi baru adalah bentuk gerak tari baru perpaduan Gerak Tari Tradisional dengan Tari Rakyat. Grakan tari ini memang kolaborasi dari keduanya sehingga tercipta berbagai macam gerakan yang kombinatif. Tari kreasi baru ini muncul karena sifatnya yang memang cenderung bebas dengan pilihan gerak sesuai dengan apa yang penari inginkan.

Bagaimanakah unsur keindahan wirupanya? tentunya unsur ini selalu berhubungan dengan tata riasnya, hal ini juga berhubungan dengan busana, asesoris yang kesemuanya adalah hasil modifikasi dari Tari Tradisional dan Tari Rakyat. Hal ini mulai berkembang terus sehingga muncul aliran-aliran baru seperti Pantomim (gerak patah-patah penuh tebakan), Operet (mempertegas lagu dengan cerita), dan kontemporer (gerak ekspresif spontan, tak beraturan tapi terkonsep).

Tari kreasi baru ini masih menggunakan iringan musik tradisional Gamelan. Karena nuansa jawanya masih sangat kental dan tidak hanya berkreasi, namun tetap melestarikan budaya dan tradisi setempat.

Contoh Tari Kreasi baru

Tari Angsa, Tari Kupu-Kupu, Tari Tenun, Tari Kijang, Tari merak, Tari Pattenung, Tari Padendang, Tari Lebonna (Sulawesi Selatan), Tari Bosara.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »