Kategori

Notasi Angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik)

Diposkan oleh On 9:13 AM

Dalam pembahasan kali ini adalah pembahasan mengenai pembagian notasi musik. Dalam Unsur-Unsur Musik notasi menjadi bagian penting. Tanpa adanya Notasi maka sebuah lagu tidak bisa diwujudkan dalam sebuah tulisan maupun gambar untuk dipelajari. Oleh karena itu Notasi musik menjadi pembahasan mengenai Unsur-Unsur Musik. Warna Nada dapat dilukiskan dengan notasi musik. Kita dapat mengenal, membaca, menulis dan menyanyikan lagu juga dengan adanya notasi ini. Sekali lagi Notasi itu sangat penting.

Berikut ini adalah pembagian Notasi

Notasi Angka : Sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka-angka. Mulai dari angka 1 (satu) sampai dengan Angka 7 (tujuh). kemudian untuk angka NOL = 0 adalah sebagai tanda diam atau Istirahat. Notasi angka ini sangat cocok sekali untuk pembelajaran vokal atau pembelajaran bernyanyi. Lebih jelasnya anda bisa memperhatikan urutan not angka berikut:

Notasi Angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik)

Notasi Balok : Simbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya suara yang diwujudkan dengan gambar. Notasi balok merupakan notasi mutlak karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap (a=440 Hz) sehingga sangat efektif digunakan dalam bermain musik. Pada dasarnya pada notasi balok itu terdiri atas tiga bagian. Yang pertama adalah Kepala, Kedua adalah Tangkai dan yang Ketiga adalah Bendera. Perhatikan Gambar Berikut ini :

Notasi Angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik)

Selain ketiga bagian diatas, NOTASI BALOK juga dirincikan sebagai berikut :
Notasi Angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik)
Not balok itu nanti akan diletakkan pada tempat not yang disebut dengan Garis Paranada. Garis Paranada itu jumlahnya ada 5 garis sejajar yang panjangnya sama. Jaraknya akan diketahui dengan nomor dari bawah. Garis paling bawah adalah garis ke-1, kemudian garis atasnya adalah garis ke-2 dan seterusnya. Anda bisa lihat gambar dibawah ini. Dengan Cara Penulisan Notasi Balok Pada Garis Paranada yang benar. Maka not-not tersebut baru bisa dibaca dan nyanyikan.

Notasi Angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.