Kategori

Seni Musik

Diposkan oleh On 12:42 AM

Jika anda menanyakan Apa pengertian seni Musik, maka saya akan merinci apa yang dimaksud dengan seni Musik? Istilah Musik itu berasal dari Bahasa Yunani , Mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama Mousikos. Mousikos adalah Dewa yang melambangkan keindahan dan menguasai bidang kesenian dan Ilmu Pengetahuan.

Musik merupakan ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian. Musik Bisa juga diartikan ungkapan perasaan yang berupa bunyi atau suara yang bersumber dari vokal maupun instrumental. Oleh karena itu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pengertian seni musik adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang diuangkapkan dengan bunyi atau suara yang berupa vokal maupun istrumental untuk dinikmati keindahannya.

Seni Musik
Melihat pengertian diatas, Seni memiliki unsur keindahan, Seni merupakan wujud karya luar biasa. Seni harus bermutu. Dengan demikian tidak semua orang memiliki keahlian seni. Karena hanya orang-orang terpilihlah yang mampu memiliki kemampuan dalam bidang kesenian. Siapa orang yang memiliki kemampuan yang luar biasa, tentunya adalah orang yang tukun untuk berlatih, seseorang yang sering berkarya, baik sebagai ungkapan perasaan batin untuk kepuasan pribadi, atau sekedar untuk menyalurkan hobi bahkan sampai pada mencari sebuah materi. Ini menjadikan seseorang akan terus berkarya dan berkarya demi seni dan keindahan.

Berbeda dengan Seni Rupa yang mengutamakan wujud benda, Seni rupa memiliki cabang tersendiri berdasarkan cirinya. Baik berupa patung, desain grafis dan lain-lain, semua akan berwujud dan yang bisa kita nikamati adalah wujudnya. Kalau seni musik, yang bisa kita nikmati adalah bunyi dan suaranya.

Orang mengatakan suaramu merdu, ini merupakan apresiasi empatik yang secara sepontan mendengar suara merdu kemudian diresponya. Maka jika seseorang sudah mulai mengamati secara mendalam bagaimana teknik yang digunakan dalam menyanyi maka orang tersebut sudah mulai menghargai pada tingkatan estetis. Bagaimana seseorang mengobservasi, mengamati, meneliti sampai pada pengambilan kesimpulan. Disini seseorang telah melakukan apresiasi tingkatan yang kedua. Kemudian jika orang tersebut mampu memberikan kritikan terhadap pengusaan panggung, teknik bernyanyi, kemudian sampai pada pengusaan manajemen musik yang baik, maka seseorang tersebut telah melakukan apresiasi pada tingkatan yang tertinggi yaitu apresiasi kritik.

Seseorang yang sudah mampu memberikan bimbingan, Solusi, dan materi seni musik dengan baik dan cakap. maka orang tersebut baru diperbolehkan melakukan evaluasi secara obyektif dan Profesional. Jika belum menguasai materi seni musik secara menyeluruh, alangkah baiknya tidak terlalu dini untuk meberikan kritik seni terhadap orang lain. Justru dengan kita banyak bertanya, mengamati, observasi dan tekun berlatih, maka akan menjadikan diri kita memiliki kualitas yang luar biasa. Tidak mudah puas jika mendapatkan ilmu baru tentang musik, namun akan selalu menggali demi sempurnanya penguasaan kita terhadap seni musik. Dalam Seni Rupa Juga ada tingkatan apresiasinya. Yang terangkum dalam Artikel tingkatan Apresiasi seni rupa. Sehingga seseorang mampu memberikan penghargaan, sampai pada evaluasi dan solusi.

Pembaca Setia yang dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Esa. Mari berkarya dengan langkah awal membangun diri kita melalui karya seni musik, dengan cara disiplin berlatih, tekun, dan tidak mudah menyerah, akan mempengaruhi karakter kita dalam memajukan bangsa ini. Apapun pekerjaannya jika dilakukan dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan pantang menyerah akan membuahkan hasil yang luar biasa. Kesombongan akan terkikis, Kelalaian akan tertepis, dan Kehidupan akan terasa manis. Manis dengan keindahan, Manis Dengan Kesempurnaan.

Puisi Dengan Judul " MANIS" bisa anda dapatkan. Dan akan menjadi pengobat hati yang sedang bersedih dan galau. Puisi ini untuk menyejukan hati. Dengan hadirnya seorang kekasih yang selalu menciptakan keindahan dalam setiap suka maupun duka.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »