Kategori

Cabang Seni Rupa (Berdasarkan Cirinya)

Diposkan oleh On 1:05 AM

Cabang Seni Rupa (Berdasarkan Cirinya)Pembagian seni rupa berdasarkan cirinya akan memberikan pemahaman secara riil dan terinci, karena dengan perbedaan tersebut maka mampu menggolongkanya. Dengan demikian pengelompokan seni berdasarkan ciri ini akan memunculkan cabang-cabang seni rupa. Ketika seseorang melihat benda seni dimanapun mereka berada, mereka mampu menggolongkannya. Tidak hanya sekedar itu. Mereka akan terinspirasi untuk mencintai karya seni, mereka terinspirasi untuk membuat sendiri karya seni yang mereka inginkan.

Dengan demikian mari kita kupas Cabang Seni Rupa berdasarkan cirinya, sekaligus contoh dan pengertiannya. Semoga bermanfaat.
    
Menurut cirinya, karya seni rupa dapat dibagi dalam beberapa cabang, yaitu sebagai berikut:

1. Seni patung
            Seni patung merupakan perwujudan ekspresi dan gagasan ke dalam karya tiga dimensi. Seni patung yang memiliki ukuran panjang x lebar x tinggi sehingga memiliki volume menjadi cabang seni rupa berdasarkan cirinya. Kemajuan seni patung di Indonesia ditandai sejak zaman Hindu-Buddha yang diwujudkan dalam bentuk arca dan relief dari batu. Patung patung tersebut dipakai sebagai benda pemujaan saat itu. namun sekarang ini banyak perubahan fungsi dari patung patung tersebut. Jika dilihat dari ukurannya, maka akan menimbulkan perbedaan fungsi. Patung yang berukuran besar sering diwujudkan sebagai monumen, misalnya patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, patung Selamat Datang di Jakarta, dan patung-patung bertema perjuangan yang tersebar di wilayah tanah air. Seni patung dalam ukuran kecil umumnya terdapat pada benda-benda kerajinan yang kebanyakan berbahan kayu, batu marmer, dan fiber. Membuat benda seni patung tentunya dengan cara dipahat dengan menggunakan alat pahat.

2. Seni lukis
            Seni lukis berwujud dua dimensi. artinya dua dimensi adalah hanya bisa dilihat dari satu arah. atau bisa kita katakan seni lukis ini adalah seni yang hanya memiliki panjang x lebar saja. Seni lukis biasanya dibuat di atas media kain kanvas, kertas, dan kaca. Peralatan menggambar yang digunakan untuk menggambar atau melukis dapat berupa cat minyak (acrylic), cat air, cat poster, dan sebagainya. Gaya penggambaran dalam melukis juga sangat beragam, yang dinamakan aliran. Aliran atau corak dalam seni lukis ini merupakan ciri khas dan keunikan yang terdapat pada karya-karya tersebut. Ada aliran realis, naturalis, ekspresionis, impresionis, abstrak, surealis, maupun romantis. Sejarah seni lukis di Indonesia dipenuhi para pelukis handal seperti Raden Saleh (perintis seni lukis Indonesia, yang hidup pada zaman perang Diponegoro), S. Sudjojono, Henk Ngantung, Affandi, Basoeki Abdullah, Pirngadi, dan masih banyak lagi.

3. Seni grafis
            Seni grafis adalah seni membuat gambar dengan alat cetak (klise). Alat inilah yang nantinya mampu menciptakan beberapa hasil cetakan dengan jumlah yang banyak. Duplikasinya akan terlihat sempurna, sebab menggunakan alat cetak, Misalnya, sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan), etsa (pengasahan pada bahan metal), dan percetakan dengan bahan batu litho. Maka biasanya yang sangat erat hubungannya dengan seni grafis adalah pembuatan undangan. Undangan ini biasanya berjumlah banyak sehingga dibutuhkan seni grafis untuk menggandakannya.

            Seni kriya berwujud dua atau tiga dimensi. Seni kriya sering disebut sebagai seni kerajinan, yaitu seni yang dibuat untuk menyajikan kebutuhan hidup sehari-hari dengan mengandalkan keterampilan tangan. Maka orang juga menyebutnya hand made, artinya semua dikerjakan dengan tangan. Seni ini selain memiliki tujuan keindahan, mereka para pembuat seni ini akan selalu mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan dalam setiap karyanya. Tumbuh suburnya seni kriya di tanah air erat kaitannya dengan nilai komersial. Setiap pengrajin akan membuat beberapa benda pada setiap jenis seni kriya yang dibuatnya. 
Termasuk dalam golongan seni kriya, antara lain seni pahat, seni anyam, keramik, batik, dan tenun. Yang memang pengerjaanya selalu mengandalkan keterampilan tangan.

5. Seni desain
            Desain dalam pengertian yang sebenarnya adalah suatu gambar rancangan. Namun pengertian seni desain di sini penekanannya ialah pada produk yang dihasilkan. Sejalan dengan perkembangan industrialisasi, senidesain telah dianggap sebagai cabang seni tersendiri dalam seni rupa, karena proses, teknik, dan bentuknyayang juga memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan perkembangan teknologi modern. Seni desain terbagi dalam beberapa cabang, namun ada dua kelompok seni desain yang sudah populer, yaitu sebagai berikut:

a. Desain Komunikasi Visual (Graphic Design/Sequential Art)
Perwujudan dari desain komunikasi visual mengarah ke desain grafis, seperti poster iklan, brosur, sampul buku atau majalah, kemasan, logo, undangan, dan lain-lain.

b. Desain Produk (Product Design)
Desain produk berwujud peralatan dan benda  kebutuhan sehari-hari. Misalnya, perlengkapan rumah tangga, alat transportasi, pakaian, perumahan, peralatan elektronik, dan sebagainya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.