Kategori

Bernyanyi Lagu Daerah Sebagai Perwujudan Budaya dan Karakter Bangsa

Diposkan oleh On 2:34 AM

Manusia diciptakan untuk saling menghargai antar sesama. Dalam hal ini seseorang belajar seni diharapkan mampu menghargai apapun dan siapapun. Apapun karyanya wajib kita hargai, apapun jenis karyanya, baik itu karya seni rupa murni Maupun karya seni rupa terapan wajib kita hargai. Baik berupa karya dua dimensi maupun karya tiga dimensi. Semua harus kita hargai.

(A) Menerima, Menanggapi, dan menghargai Keragaman dan Keunikan Karya Seni Musik Sebagai Bentuk Rasa Syukur Terhadap Anugrah Tuhan.

Mengenai pembahasan Seni Musik bahwa menyanyi juga merupakan hasil karya orang lain. Ada orang menyanyi dengan suara merdu dan tidak Fals (sesuai nada) ada pula yang suaranya kurang bagus. Hal ini tetap harus kita hargai. Jagalah perasaan mereka, tujuannya adalah agar mereka yang belum memiliki suara bagus tetap bersemangat untuk berkarya.

Seseorang di dunia ini diberikan berbagai macam bentuk seni musik. Dan masing-masing bentuk memiliki keunikan-keunikan yang berbeda. Dengan begitu kita harus Mensyukuri Hal ini sebagai Anugrah Tuhan bahwa kita itu kaya akan keunikan-keunikan karya seni musik. Dengan menerima Keragaman tersebut, berarti kita telah membentuk pribadi yang memiliki karakter yang luar biasa.


Contoh yang paling mudah adalah seni musik digunakan sebagai pendukung dalam upacara-upacara maupun ritual-ritual tertentu di Daerah kita sendiri. Mereka memiliki cara tersendiri dalam bermain musik. Mereka memiliki alat musik yang berbeda-beda. Mereka memiliki tujuan sendiri-sendiri dalam ritual tersebut. Saat Upacara Pernikahan saja, berbagai bentuk karya seni musik yang mendukung jalannya resepsi, ada yang diisi dengan lagu Gambus, Ada yang diisi dengan lagu Qosidah, ada yang diisi dengan lagu dangdut, Musik Gamelan (Karawitan) dan lain sebagainya. Ini menandakan bahwa kita itu kaya berbagai macam jenis alat musik dan kaya akan budaya-budaya luhur Nenek moyang yang patut kita lestarikan.


Bagaimana cara menghargainya? dalam menghargai seni itu ada tingkatan apresiasinya. Ada yang berupa ucapan, ada yang berupa tindakan, bahkan ada yang berupa kritikan. Cara mengritik seseorang harus dengan cara yang santun. Itu Merupakan salah satu Syarat-Syarat Khusus Dalam Mengkritik. Jika kritikan dengan cara kasar yaitu dengan mencemooh, menghina misalnya perkataan " karya anda sangat jelek, tidak patut dipublikasikan ". itu adalah contoh perkataan yang buruk. Sebaiknya menggunakan kata-kata yang terangkai dalam satu kalimat yang santun. Misalnya :" Karya anda sudah ada peningkatan, sedikit saj diperbaiki maka akan sangat sempurna". Atau lagi misalnya :" Suara anda sudah bagus, dengan menambahkan fibra sedikit pasti sip". dan lain-lain. Yang terpenting jangan sampai menyinggung perasaannya.

Jika seseorang sudah terlatih menghargai melalui lagu Daerah maka ini akan tercipta karakter manusia yang penuh dengan budi pekerti yang luhur, sopan dan santun serta mampu menciptakan suasana yang menyenangkan. Harapan inilah, melalui budaya daerah kita diharapkan mampu membawa diri kita menuju karakter bangsa yang berkualitas dan memiliki kewibawaan dimata dunia.

Refferensi gambar : gjb3112bogie.wordpress.com


Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.