Kategori

Teknik Menggambar Bentuk

Diposkan oleh On 1:12 AM

Orang akan berbicara teknik apabila seseorang dihadapkan pada praktek menggambar. Penguasaan teknik menggambar akan menjadi wajib dalam menciptakan gambar yang bagus dan terlihat profesional. Penguasaan teknik dengan hasil karya akan selalu berbanding lurus. Jika penguasannya tekniknya baik maka hasil karyanya juga akan baik. Dan begitu sebaliknya.
Oleh karena itu penguasaan teknik menggambar harus dikuasai secara teori dan praktek. Jika artikel ini menerangkan teori secara sekilas, namun praktek dalam menggambar akan menjadi prioritas.

Teknik-teknik yang bisa digunakan dalam menggambar bentuk, antara lain sebagai berikut.
1.  Teknik arsir Teknik arsir dibuat dengan cara menorehkan pensil, spidol, tinta, atau alat menggambar lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.
2. Teknik sapuan basah (aquarelTeknik sapuan basah dapat menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas, kain, atau bidang lain. Bila menggunakan bidang gambar berupa kertas maka dapat menggunakan bahan menggambar berupa cat air, cat poster, atau tinta bak.
3. Teknik dussel (gosok) adalah teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis. Alat menggambar teknik ini yang bisa digunakan, antara lain pensil, krayon, dan konte.
4. Teknik siluet (blok) adalah teknik menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet (blok).
5. Teknik pointilis adalah cara atau teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk objek.

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »