Kategori

Seni Kriya

Diposkan oleh On 1:24 AM

Seni kriya adalah karya seni yang dibuat dengan keterampilan tangan (hand skill) dengan memerhatikan aspek fungsional dan nilai seni. Penciptaan karya seni kriya tidak hanya didasarkan pada aspek fungsionalnya (kebutuhan fisik) saja, tetapi juga untuk pemenuhan kebutuhan terhadap keindahan (kebutuhan emosional). Dalam perkembangannya, karya seni kriya selalu identik dengan seni kerajinan.


Hal ini disebabkan pembuatan karya seni kriya yang tidak lepas dari pengerjaan tangan (hand made) dan memiliki aspek fungsional.

Seni Kriya memiliki unsur pakai artinya seni kriya ini harus memiliki fungsi dalam kehidupan sehari hari. Pembuatan seni kriya selalu mengandalkan keterampilan tangan untuk mengolahnya. Tanpa dibarengi dengan keahlian maka keterampilan ini tidak akan maksimal. Tentunya keahlian dalam membuat seni kriya ini bisa didapat melalui kursus-kursus. Orang sering bilang, serahkan pada ahlinya, maka hal ini akan memicu orang lain untuk lebih profesional dalam mengerjakan sesuatu. 

Seni Kerajinan Tangan ini menjadi materi pokok dalam mata pelajaran seni budaya. Dengan memilih cabang ini diharapkan peserta didik mampu memiliki keahlian khusus dalam bidang seni kriya. Harapan ini seiring dengan kebutuhan seni didaerah masing-masing. Misalnya saja didaerah Solo maka mapel yang sangat cocok untuk mapel seni budaya adalah seni membatik. Ini tetntunya seiring dengan kebutuhan pasar dilingkungan tersebut. Misalnya didaerah Jepara dengan keahliannya mengukir, maka tentunya mapel seni budaya yang paling cocok adalah membahas dan mempraktekkan secara baik mengenai keterampilan mengukir. Apalagi ditunjang dengan berbagai macam kursus-kursus yang membuat seseorang lebih baik lagi karena memiliki banyak guru dan banyak pengalaman akibat dari tingginya jam terbang dalam berkarya seni kriya tersebut.

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »