Kategori

Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujud dan Dimensinya

Diposkan oleh On 2:12 AM

Seni Rupa adalah sebuah karya yang bermutu yang diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa yang berwujud 2 dimensi atau 3 dimensi, maupun Relief. Seni Rupa ini akan memiliki ciri tertentu dalam setiap dimensinya. Wujud atau fisik adalah hal yang utama dalam seni rupa ini. Karya indah yang tampak yang memiliki daya tarik ini tentunya memiliki tekstur sendiri-sendiri. Perbedaan tekstur ini juga ditentukan oleh dimensinya. Oleh karena itu, jika kalian bertanya apa yang dimaksud seni dua dimensi dan apa yang dipamsud seni rupa 3 dimensi? bisa juga dengan pertanyanyaan jelaskan pengertian seni rupa 2 dimensi dan pengertian seni rupa tiga dimensi! maka artikel dibawah ini menjadi jawabanya. Berdasarkan wujud fisiknya, karya seni rupa terapan atau Seni Kriya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut: 
    Seni Berdasarkan Wujud dan Dimensinya
  1. Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra) yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari satu arah. Misalnya, wayang kulit, tenun, dan batik.
  2. Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra) yaitu karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah dan memiliki volume (ruang). Misalnya, rumah adat, senjata tradisional seperti rencong dan pedang, serta patung. 
Berdasarkan dimensinya, jenis-jenis seni kriya dapat dibedakan sebagai berikut.
  1. Seni kriya dua dimensi Karya seni kriya dua dimensi meliputi sulaman, bordir, mozaik, kolase, batik, tenun, relief, dan hiasan dinding. 
  2. Seni kriya tiga dimensi Karya seni kriya tiga dimensi meliputi sebagai berikut. 
  • Kerajinan keramik Kerajinan keramik menggunakan bahan dasar tanah liat. Produk yang dihasilkan, misalnya vas bunga, guci, teko, kendi, dan peralatan rumah tangga.
  • Kerajinan logam Kerajinan logam menggunakan bahan jenis logam, seperti emas, perak, perunggu, besi, tembaga, aluminium, dan kuningan. Produk yang dihasilkan, misalnya perhiasan emas dan perak, patung perunggu, senjata tajam, peralatan rumah tangga, dan alat musik gamelan. Sekarang kerajinan logam dibuat dengan berbagai variasi bentuk.
  • Kerajinan kulit Kulit banyak digunakan untuk membuat berbagai benda kerajinan, seperti wayang kulit, tas, sepatu, jaket, dan alat musik rebana. 
  • Kerajinan kayu Kayu banyak menghasilkan berbagai benda kerajinan, seperti topeng, wayang golek, furnitur, patung, dan hiasan ukir-ukiran.
  • Kerajinan anyaman Kerajinan anyaman biasanya menggunakan bahan dasar, seperti bambu, daun mendong, dan tali plastik untuk membuat tempayan, topi, tutup nasi, tikar, dan gantungan pot tanaman. 
  • Kerajinan lainnya Masih banyak jenis kerajinan lain yang dapat kita jumpai di berbagai daerah, antara lain kerajinan rotan, kerajinan payung, dan kerajinan membuat lampu hias.

Komentar anda sangat berharga bagi blog ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.