Kategori

RPP Seni Budaya Semester Genap Kelas X MA Roudlotusysyubban

Diposkan oleh On 10:53 PM

Berikut ini adalah RPP Seni Budaya semester Genap kelas X (Sepuluh) 10, MA  Roudlotusysyubban Tawangrejo Winonhg Pati yang saya fokuskan pada seni rupa bidang kaligrafi, namun apabila ingin difokuskan pada seni melukisnya atau kolase ya terserah masing-masing guru mapel dan kurikulum, tinggal Ctrl H dan ganti kaligrafi menjadi seni melukis, beres tinggal direplace all... bagi yang butuh contoh yang lain seperti kelengkapan pembelajarannya, silahkan komentar dan insyaAllah Akan saya posting. RPP ini sudah menggunakan KTSP lengkap dengan karakter yang ingin dicapai. semoga bisa memberikan manfaat bagi guru seni Budaya

Berikut adalah contoh RPP berkarakter Mapel Seni Budaya atau SBK 2011-2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                                  : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                                       : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                                        : X/ Genap
ALOKASI WAKTU                                          : 2X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI                                : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 9.1                         Mengindetifikasi jenis karya seni rupa murni kaligrafi

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.     Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa murni  daerah setempat
2.     Menyebutkan jenis karya seni rupa murni kaligrafi.
3.   Membuat gambar contoh karya seni rupa murni  daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK 
·          Karya seni rupa murni kaligrafi

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
        Pertemuan pertama dan kedua :
1.     Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·          Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·          Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca referensi jenis karya seni rupa.
F  Peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa murni  daerah setempat.
F  Peserta didik Mendiskripsikan karya seni rupa murni kaligrafi berdasarkan teknik pembuatannya.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa murni  daerah setempat
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                               
E. SUMBER BELAJAR             
·          Buku teks Seni Budaya
·          Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN         
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi  karya seni rupa murni kaligrafi.
Ü  Mendiskripsikan karya seni rupa murni kaligrafi berdasarkan teknik pembuatannya
Penugasan individu/ kelompok



Tugas rumah




Ü  Kumpulkan data berupa gambar-gambar karya seni rupa murni di daerahmu dan buatlah diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa murni daerahmu


                                                               
       

Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                                  : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                                       : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                                        : X/2
ALOKASI WAKTU                                          : 4X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI                                : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 9.2                         Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa murni kaligrafi


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
2.     Membuat kliping tentang karya seni rupa murni kaligrafi

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK 
sikap apresiatif terhadap keunikan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
1.     Kegiatan Pendahuluan
·          Apresiasi karya seni rupa murni kaligrafi
·          Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·          Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni  daerahmu
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat kliping tentang karya seni rupa murni kaligrafi
F  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni  daerahmu 
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                               
E. SUMBER BELAJAR             
·          Buku teks Seni Budaya
·          Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN         
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni kaligrafi
Penugasan individu/ kelompok

Tugas Proyek

Ü  Buatlah kliping dengan mengambil data  gambar berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa murni  daerahmu 

                                                                                       

Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                                  : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                                       : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                                        : X/2
ALOKASI WAKTU                                          : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI                                : 10.   Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa murni dua dimensi dari daerah setempat

    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.     Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa murni dua dimensi.
2.     Menyebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi.
3.     Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
4.     Membuat Karya kaligrafi hiasan mushaf

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK 
·          Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
·          Karya kaligrafi hiasan mushaf

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
        Pertemuan pertama dan kedua :
1.     Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·    Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·    Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati contoh-contoh karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat kaligrafi hiasan mushaf
F  Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa murni dua dimensi daerah setempat
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kaligrafi hiasan mushaf
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                               
E. SUMBER BELAJAR             
·          Buku teks Seni Budaya
·          Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN         
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat kaligrafi hiasan mushaf
Ü Mengkaligrafi hiasan mushaf dari daerah setempat

Tes praktik/ kinerja


 Uji Petik Kerja


Ü  Buatlah kaligrafi hiasan mushaf yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,

                                                                       
Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                                  : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                                       : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                                        : X/2
ALOKASI WAKTU                                          : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI                                : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.2 Membuat karya seni murni dengan teknik dan
                                                                                 corak daerah setempat
    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.     Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi
2.     Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai
3.     Mendeskripsikan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai dan benda hias.
4.     Menyebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi.
5.     Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi.
6.     Menyebutkan lima teknik pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
7.     Merancang karya seni rupa dua dimensi benda pakai.
8.     Merancang karya seni rupa dua dimensi benda hias.
9.   Membuat karya seni murni karya seni rupa dua dimensi benda pakai dengan teknik dan
      corak daerah (Jawa Tengah).
10. Membuat karya seni murni karya seni rupa dua dimensi benda hias dengan teknik dan
      corak daerah  (Jawa Tengah).

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK 
·          Konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
        Pertemuan pertama dan kedua :
1.     Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·    Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·    Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi murni karya seni rupa dua dimensi
F  Melihat tayangan gambar karya seni rupa dua dimensi benda pakai dan benda hias
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Merancang karya seni rupa dua dimensi benda pakai dan benda hias
F  Membuat karya seni rupa dua dimensi benda pakai
F  Membuat karya seni rupa dua dimensi benda hias
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan rancangan karya seni rupa dua dimensi terbaik dari siswa
F  Menyimpulkanmateri pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR             
·          Buku teks Seni Budaya
·          Media  elektronik lap top dan LCD proyektor
·          Benda-benda murni karya seni rupa dua dimensi

F. PENILAIAN         
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat kaligrafi dengan teknik dan corak daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

Ü  Buatlah sebuah kaligrafi yang mencerminkan kekhasan  dan  corak daerahmu
Ü  Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi!
Ü  Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda pakai!
Ü  Jelaskan konsep karya seni rupa dua dimensi sebagai benda hias!
Ü  Sebutkan bahan yang dapat dibuat karya seni rupa dua dimensi!
Ü  Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi!
Ü  Sebutkan lima teknik pembuatan karya seni rupa dua dimensi!
Ü  Buatlah rancangan karya seni rupa dua dimensi benda pakai!
Ü  Buatlah rancangan karya seni rupa dua dimensi benda hias!
Ü  Buatlah seni murni karya seni rupa dua dimensi benda pakai dengan teknik dan corak     (Jawa Tengah).!
Ü  Buatlah seni murni karya seni rupa dua dimensi benda hias dengan teknik dan corak      (Jawa Tengah).!

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ murni karya seni rupa dua dimensi
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik





Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik



Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I





RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                          : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                                : X/2
ALOKASI WAKTU                                  : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI   : 10.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR        : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan  sendiri untuk
                                                              pameran kelas atau Madrasah
       

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.     Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
2.     Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan dua dimensional buatan sendiri di kelas
3.     Membuat  kelengkapan pameran seni rupa di kelas

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK :
·          Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
      perlengkapan, dan perencanaan.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.                       

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN           
1.     Kegiatan Pendahuluan
·          Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·          Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
      materi   yang akan diajarkan

2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku teks tentang pameran
F  Menyiapkanrencana pameran, dan membentuk kepanitiaan pameran.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
F  Membuat buku tamu, katalog, dan label karya
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                               
E. SUMBER BELAJAR :
·          Buku teks Seni Budaya

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas

Penugasan individu/ kelompok

Tugas
rumah

Ü  Buatlah Proposal pelaksanaan pameran  hasil karya  siswa  di kelas.
Ü  Jelaskan konsep pameran seni rupa!
Ü  Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
Ü  Buatlah susunan panitia pameran kelas!
Ü  Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!

                                                                                                                               
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Sistematika proposal





Kepanitiaan pameran





Kesesuaian anggaran dan belanja





Kreativitas acara pameran






Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I


                                                               







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


MADRASAH                                        : MA  Roudlotusysyubban
MATA PELAJARAN                   : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                    : X/2
ALOKASI WAKTU                      : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI            : 10.        Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR            : 10.4                           Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam
                                                                                Bentuk pameran kelas atau Madrasah

                                                     
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas

v  Karakter siswa yang diharapkan :               Disiplin ( Discipline)
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation)
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely)

B. MATERI POKOK  :
·          Denah ruang pameran seni rupa
·          Penataan karya seni rupa di kelas.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas                      

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN            :
1.     Kegiatan Pendahuluan
·          Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·          Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menata karya seni rupa di ruang pameran.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
F  Pelaksanaan pameran.
F  Penilaian proses pelaksanaan pameran
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                               
E. SUMBER BELAJAR              :
·          Buku teks Seni Budaya

F. PENILAIAN         
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau Madrasah

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja
Ü  Laksanakan pameran hasil karyamu sesuai dengan tema yang telah ditentukan di kelas/Madrasah
               



Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Denah ruang pameran





Penataan karya





Kelengkapan pameran





Tanggapan pengunjung






Keterangan
1 = sangat kurang.  2 = kurang
3 = cukup               4 = baik
5 = sangat baik

Mengetahui,
Kepala Madrasah



Drs. ACHMAD MUSTAGFIRI


Tawangrejo, 02 Januari 2012
Guru Mapel SBK.



RAVINDRA, S.Pd.I

Butuh Perangkat yang lain anda bisa minta dengan berkomentar, insyaAllah akan saya posting. misalnya Prota, Promes, Analisis UH, SK KD, Minggu Efektif dll




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

kalau boleh,,saya minta tolong kasih saya perangkat pembelajaran seni rupa kelas X SMA/MA.Semoga anda dapat mengabulkan permintaan saya secepatnya..!amin..

Salam Hormat..
Saya guru seni baru..
Saya ingin minta perangkat pembelajaran Seni rupa anda kelas X Semester Ganjil dan Genap..dapat anda kirimkan di email saya " aji_2389@yahoo.co.id "
Besar harapan saya untuk Anda dapat berbagi Ilmu dengan Saya,,,
Terima Kasih sebelumnya..