Kategori

Hidroponik Sederhana, Simple dan Murah

Diposkan oleh On 10:43 PM

Hidroponik yang cukup sederhana, Simple, Biaya Murah alias Tidak mahal bisa kita wujudkan dengan kata lain terjangkau. sebelum lebih jauh lagi Apa sih sebenarnya hidroponik itu? 
Hidroponik (hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang mamanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilles.
Namun di postingan ini akan saya persembahkan dengan menggunakan tanah tapi menggunakan peralatan yang sederhana dan mustinya terjangkau untuk kalangan menengah kebawah. Anda nanti tinggal melihat foto-foto yang akan kami pampang di blog ini.
Karya ini adalah karya seorang guru matimatika MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo bernama Isminingsih,S.Tp. sebenarnya beliau adalah sarjana tehnik pertanian. Namun juga pernah mendapat materi perkenalan dengan judul hidroponik, selanjutnya dipraktekkan dirumah. Dan walhasil hasilnya memuaskan.
Bedanya disini adalah pemanfaatan bahan-bahan yang sangat sederhana dengan memanfaatkan botol-botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai atau bahkan terabaikan,kemudian dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguna.
Baiklah para pembaca yang dirahmati Allah.
Untuk pembuatan teknik ini dengan mempersiapkan
1. Pipa peralon dan
2. Botol-botol bekas minuman
3. Tanah
4. Biji yang akan ditanam ( boleh biji sawi, biji cabe, kangkung dll )
5. Air
Untuk menghindari air yang jenuh, anda bisa menggantinya dengan membuka kran airnya kemudian ganti dengan air yang baru. Namun apabila ingin airnya bisa ganti secara automatis maka tinggal pasang pompa air kecil agar tersirkulasi dengan bai.
InsyaAllah sistem ini akan diusulkan untuk kegiatan ekstrakurikuler MTs. Roudlotusysyubban Tawangrejo sebagai kegiatan kesiswaan dalam rangka ikut menghijaukan dunia dan menyehatkan lingkungan sekaligus wujud tehnologi alternatif dalam bidang pertanian khususnya bercocok tanam maupun berkebun.
Berikut ini Foto-Foto Hasil karya Isminingsih, S.Tp yang sudah jadi.








Refferensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Hidroponik dan FB : Ismi Efendi
Kritik dan saran serta tambahan isi postingan bisa dikirim ke Email : ravlas7@gmail.com   khususnya Bu ismi sebagai sumber saya. 
  


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

/thumb bagus pak
jioo *0*
adain, mau bikin juga, nda mudeng kalo nda di praktekin langsung '~'

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.