Kategori

Teknik Teknik Menggambar Ilustrasi Serta Alat dan Bahan untuk Menggambar dan melukis

Diposkan oleh On 7:43 AM

Teknik Teknik Menggambar Ilustrasi dan Alat dan Bahan untuk Menggambar dan melukis

Kalau ingin menggambar ilustrasi maka yang perlu diperhatikan adalah tekniknya. Teknik adalah sebuah cara yang digunakan untuk menuangkan ide karya sehingga menghasilkan sebuah karya seni.

Menggambar dengan teknik yang tepat maka akan menghasilkan gambar yang bagus. Gambar yang bagus maka akan menuai pujian dan apresiasi yang luar biasa pula.

Berikut ini teknik dan pembagiannya.

  1. Teknik Kering. Adalah teknik membuat sebuah gambar dengan menggunakan peralatan yang tergolong kering. Teknik kering ini memang tidak membutuhkan bahan pengencer seperti minyak dan air. Cukup dengan menggoreskan bahan maka sudah bisa menghasilkan sebuah karya.
  2. Teknik basah adalah teknik membuat sebuah gambar dengan menggunakan bahan-bahan yangn masih menggunakan campuran air atau minyak.


Untuk teknik kering, maka alat yang digunakan seperti :

  1. Pensil adalah biasa digunakan dengan teknik arsir. Untuk pensil memiliki jenis dan ukuran. Macam macam pensil diantaranya adalah ada pensil H, HH, 2B, 4B, 6B, 8B, EE dan masih banyak lagi. Hal ini yang mebedakan ukuran dan kelunakannya.
  2. Arang juga termasuk alat yang kering, bahan dasar arang adalah kayu kemudian dibakar dan arangnya menjadi alat untuk melukis.
  3. Krayon atau sering juga disebut dengan pastel color. Sifat dari alat kering (krayon) ini adalah lunak dan berminyak, teknik arsir juga cocok menggunakan alat ini.
  4. Charcoal, hampir seperti pensil namunisinya lunak, biasa juga dipakai untuk menulis dipermukaan berminyak maupun kaca. Cara meruncingkannya adalah dengan menarik benang dekat dengan mata pensilnya. Bahan pembungkusnya adalah kertas.
  5. Pulpen adalah alat yang biasa digunakan untuk menulis. Pulpen juga memiliki varian warna namun sangat terbatas, seperti merah, biru, hijau, emas, perak, hitam. Pulpen ini semua berbahan jel.
  6. Spidol menurut saya adalah alat kering sebab tanpa harus dicampur jika ingin menggoreskannya. Varian warna sangat banyak, hal ini sudah tidak diragukan lagi variannya.
  7. Serbuk konte atau pensil konte. Serbuk konte bahannya sama seperti yang diapakai untuk membuat pensil konte, namun untuk serbuk ini memiliki bermacam macam varian warna. Dan serbuk konte ini bisa digunakan untuk melukis wajah manusia.
Untuk Teknik basah yang biasa digunakan adalah Cat minyak dan cat air. 
  1. Cat air biasanya yang digunakan untuk melukis adalah cat tembok akrilik. Caranya dicampur dengan air untuk mengencerkannya. Jika tidak dicampur dengan air maka goresanya agak berat dirasakan ditangan.
  2. Cat minyak. Untuk cat minyak ini banyak juga jenis bahan campurannya. Alternatif untuk bahan campurannya seperti, bahan bakar motor seperti pertalite, pertamax dan premium. Ada yang menggunakan minyak tanah, ada pula yang menngunakan tiner khusus sperti tinner A, tinner B dan lain sebagainya. Apakah semua cepat kering? Ya semuanya cepat kering. baik minyak maupun cat air.
Catatan. Jangan sampai cat air atau tembok anda campur dengan minyak, dan sebaliknya cat minyak anda campur dengan air. Tentu tidak akan tercampur dengan sempurna. Sudah saya coba dan gagal campur. namun jika anda ingin mencobanya, dipersilahkan!. Pengalaman adalah guru yang baik.

Berbicara alat menggambar maka yang akan kita tunjukkan adalah alat bantunya. Kalau untuk teknik kering maka tidak membutuhkan alat bantu lagi. namun untuk teknik basah bisa menggunakan bantuan alat, seperti:
  1. Anggota tubuh, ini bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mengaplikasikan teknik basah. Kita bisa mengunakan tangan, mulut, kaki, rambut dan lain sebagainya.
  2. Kuas, ada kuas yang bentuk serabutnya lurus ada pula yang lancip. Ada yang menggunakan rambut buatan, ada yang menggunakan nilon ada pula yang menggunakan sepet kelapa.
  3. Sprey gun sebuah alat penyemprot dengan bantuan kompressor untuk menyemprotkannya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.