Kategori

Langkah-Langkah Seorang Seniman Menuangkan Idenya Dalam Sebuah Karya Seni Rupa

Diposkan oleh On 8:58 AM

Langkah-Langkah Seorang Seniman Menuangkan Idenya Dalam Sebuah Karya Seni Rupa
Langkah-Langkah Seorang Seniman Menuangkan Idenya Dalam Sebuah Karya Seni Rupa
Sebagai seorang seniman memang harus selalu berkarya untuk mendapatkan apresiasi dari penikmat seni. Tanpa berkarya seniman hanyalah tinggal nama saja. Apakah berkarya hukumnya wajib bagi seniman. Saya mengatakan hukumnya wajib. Jangan menyandang gelar seniman kalau tidak berkarya.

Apakah sulit seorang seniman harus berkarya. Saya katakan ini sangat gampang jika kita tahu ilmunya. Ini akan sangat mudah jika kita tahu langkah langkahnya. Maka dalam postingan kali ini saya akan membeberkan apa langkah-langkah seorang seniman menuangkan idenya dalam karya seni rupa?
  • Ide : adalah tahap awal dalam berimajinasi membuat karya. Tanpa ide seseorang akan sulit menentukan karya yang akan digarapnya. Ide muncul jika seorang seniman sudah berupaya untuk berimajinasi, sehingga pegangan awal telah kita raih.
  • Riset : harus bisa memastikan tidak ada kesalahan fatal pada saat pembuatan nantinya. Riset bagian terpenting, sebab boros dan tidaknya karya tergantung risetnya. Penelitian akan dapat meminimalisir kesalahan kesalahan yang fatal dan tidak bermanfaat.
  • Sketching : dilakukan oleh illustrator atau desinaer visual yaitu merancang semua ide dan riset dengan lebih spesifik. Setelah terkumpul ide pokok kemudian dilanjutkan dengan riset maka karya sudah mulai mengerucut. Hal ini sudah sampai pada aplikasi pada media karya seni rupa. Jika berupa lukisan, maka sudah mulai membuat sketsanya. Jika itu adalah karya seni 3 dimensi maka sudah mulai memberikan tanda untuk dibentuk.
  • Eksekusi : tahap pembuatan dari awal hingga akhir dan menjadi sebuah karya. Tahap inilah yang merupakan aplikasi dari semua ide yang telah dikumpulkan kemudian diteliti dan dituangkan pada media seni rupa. Teknik Pembuatan karya seni rupa ini tergantung jenis karya yang akan dibuatnya, terutama berkenaan dengan bahan dan media untuk berkarya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.