Kategori

Pengertian Denah

Diposkan oleh On 7:09 AM

Dalam mapel seni budaya tentunya pada bab pameran dan pergelaran sering kita mengenal perlengkapan ruang pameran, salah satunya adalah denah.

Denah adalah gambaran penampang atas (Tampak Atas) mengenai letak atau lokasi suatu ruang atau wilayah tertentu dengan menggunakan skala perbandingan. Tujuan denah adalah memudahkan seseorang untuk mengetahui dan menemukan letak atau lokasi maupun wilayah.

Syarat denah adalah :
  1. Judul : Judul adalah identitas pokok dalam membuat denah.
  2. Gambar. Gambar ini yang dimaksud adalah gambar yang tampak atas mengenai ruang, letak ruang maupun wilayah dan lokasi.
  3. Mata angin. Mata angin ini fungsinya sangat penting, sebab dengan mata angin maka seseorang bisa mengetahui arah mana lokasi tersebut menghadap. Maka mata angin ini ada standarnya. anda bisa perhatikan gambar 1.
  4. Skala perbandingan. Mengapa menggunakan skala, sebab gambar tampak atas ini akan diperkecil maka membutuhkan skala perbandingan. Misalnya 1:100 artinya adalah setiap gambar berukuran satu cm maka sama dengan 100 cm.
  5. Keterangan. Keterangan ini sangat penting untuk dicantumkan sebab dengan adanya keterangan, seseorang akan mengetahui apa saja yang ada disana.
Demikianlah mengenai pengertian denah yang bisa kami terangkan dalam materi kali ini, mengenai fungsi denah bisa kalian temukan juga di blog ini dan silahkan anda bisa belajar tentang Seni Budaya di Web ini insyaAllah lengkap dan bisa dijadikan referensi.

Penulis adalah Guru SBK di MTs. Rudlotusysyubban Tawangrejo.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.