Kategori

Industri Pakaian Model Kebaya Batik Tulis

Diposkan oleh On 12:09 AM

Dalam seni budaya di Indonesia tentunya akan menjadi lengkap jika sudah memuat pra karya membuat model baju Kebaya dengan gaya batik dengan motif hiasan geometris. Bahkan siswa dibekali guna mewujudkan industri pakaian dengan kombinasi batik. Batik menjadi ciri khas daerah tertentu. Bahkan di Indonesia sendiri, motif batik sangat beragam walaupun akar dasarnya adalah ragam hias geometris.

Menjadikan materi khusus dalam pelajaran seni budaya, membatik akan menjadi bab tersendiri dalam pembahasan. Siswa diharapkan menguasai teori dan praktek mengenai membatik, sekaligus menguasai bagaimana cara pemasarannya. Ini akan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dalam dunia industri pakaian siap pakai. Betapa tidak, Pakaian dengan kombinasi batik yang dikerjakan dengan tangan-tangan terampil akan menjadi karya seni yang diminati oleh setiap pecinta batik tradisional.

Banyak sekali industri pakaian dengan motif batik yang dikerjakan dengan mesin sehingga pengerjaan lebih cepat dan siap untuk dipasarkan tentunya dengan waktu yang cukup efisien. Harga yang ditawarkan lebih murah dengan batik tulis. Menjadi lebih cepat dengan kombinasi yang beragam dan dengan pengerjaan komputer yang cepat dan canggih tercipta batik-batik modern. Masyarakat tinggal memilih produk yang ditawarkan.

Fenomena yang terjadi, ternyata batik tulis yang pengerjaan membutuhkan waktu yang sangat lama, motif yang sangat sederhana, kombinasi warna yang cukup sedikit, dengan bahan yang relatif bagus. Ternyata produk ini malah menjadi produk yang paling diminati dan paling diserbu oleh kalangan menengah ke atas. Harga yang ditawarkan memang cenderung lebih tinggi dibanding dengan batik buatan mesin. Ciri-ciri batik tulis yang paling mencolok adalah hasil kain jadi. Gambar, serta warna yang menempel dalam kain tentu tak ada bedanya antara warna kain pada dua sisi kain. Untuk batik buatan mesin, satu sisi jelas namun untuk sisi lain terlihat kabur, bahkan tidak terlihat sama sekali. Inilah cara membedakan batik tulis asli dengan batik tulis pabrikan dalam sebuah industri pakaian.

Nah tentunya penasaran bagaimana hasil batik yang menjadi impian kita untuk kita kombinasikan menjadi sebuah produk pakaian yang luar biasa dan memiliki nilai seni yang tinggi dengan pengerjaan yang rumit dan berkelas. Kalian butuh sebuah referensi gambar yang memang merupakan batik pabrikan dengan batik tulis asli. Berikut sebagai contoh untuk siswa agar bisa membedakanya.

Batik Buatan Mesin


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.