Kategori

Unsur-Unsur Yang Terlibat Dalam Pementasan Teater Beserta Tugas-Tugasnya

Diposkan oleh On 11:48 PM

Unsur-Unsur Yang Terlibat Dalam Pementasan Teater Beserta Tugas-TugasnyaKerjasama agar pementasan seni teater berjalan dengan sukses wajib dilakukan. Sangat tidak mungkin jika dalam pementasan teater bisa dilakukan sendirian. Ada pihak-pihak yang harus dilibatkan dalam pementasan Seni Teater. Ada beberapa personil yang harus diajak kerjasama untuk pementasan teater yang sempurna. Tanpa adanya unsur-unsur ini maka seseorang tidak akan mampu mewujudkan pementasan teater yang profesional. Masing-masing unsur memiliki tugas sesuai kapasitas mereka masing-masing. Mereka akan bekerja sesuai dengan tugas pokok. Mereka akan saling mengisi dalam pementasan teater. Bahkan pementasan teater tak akan mungkin terlaksana jika tidak ada kerjasama antar mereka.

Unsur yang terlibat dalam pementasan:

  1. Sutradara : Sutradara merupakan koordinator utama dalam mengatur segalanya secara detail. Sutradara memiliki tugas yang sangat berat. Sutradara harus memilih naskah. Sutradara harus mengurus akting para pemain. Sutradara harus mengurus, kostum, tata lampu, tata rias, masalah teknis, pentas. Semuanya harus berdasarkan persetujuan sutradara. Artinya sutradara memiliki tugas sentral dalam pementasan karena mengingat fungsi sutradara yang begitu banyak.
  2. Pemain : Pemain adalah personil wajib dalam pementasan. Tidak ada pemain, tidak ada pementasan. Pemain tidak bisa digantikan dengan siapapun kecuali sutradara. Pemain harus memiliki kemampuan improvisasi yang luar biasa. Kemampuan mengolah vokal menjadi kewajiban pemain. Kemampuan beradu akting diatas panggung tanpa merasa canggung dan gemetar. Penuh percaya diri. Memiliki artikulasi pengucapan yang sempurna. Dan cakap dalam menangkap lemparan percakapan dengan tempo yang tepat.
  3. Pengurus Produksi : Personil ini juga sangat berperan. Pengurus produksi bertugas mencari gedung untuk pentas. Biasanya mereka bekerja satu tim dalam sebuah wadah yang disebut dengan panitia. Panitia ini tentunya memiliki struktur dan tugas panitia yang harus bekerja sama untuk membuat pementasan sukses. Pengurus produksi tentunya ada bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi dalam pementasan.
  4. Tim Artistik : Tim ini terdiri dari penata panggung atau pentas, Penata dekorasi panggung, Penata lampu, Penata suara, Penata Rias dan Kostum yang memiliki fungsi masing-masing. Masing-masing anggota tim sangat penting sebab memiliki fungsi dalam pementasan. Tim ini akan membuat karakter tokok menjadi lebih kuat. Dengan make up maka tokoh orang tua bisa dibuat. Dengan membuat kerut wajah maka tokoh ini semakin terlihat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan Berkomentar Yang baik dan Sopan Agar blog ini bisa berkembang lebih baik.